Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur’an pada Siswa SMA Negeri 1 Siompu Kabupaten Buton Selatan

Authors

  • Suhardin Suhardin STAI YPIQ Baubau

DOI:

https://doi.org/10.35326/juwara.v2i2.4097

Keywords:

Guru PAI, Kesulitan Membaca, Al-Qur’an

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an di SMAN 1 Siompu Kabupaten Buton Selatan, 2) Untuk mengetahui problematika dan solusi guru PAI dalam mengatasi kesulitan membaca al-Qur’an di SMAN 1 Siompu Kabupaten Buton Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sumber sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui pengabungan dari sumber data yang terkumpul dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Siompu Kabupaten Buton Selatan sangat optimal untuk peserta didik, karena di sinilah di mana guru dituntut untuk menyelesaikan problematika yang ada pada diri peserta didik yang menjadi tanggung jawab ketika di dalam sekolah, walaupun sebenarnya guru hanya sebagai fasilitator untuk peserta didik dalam mengarahkan peserta didik kearah yang ingin dituju. Salah satu upaya dalam mengatasi kesulitan peserta didik membaca al-Qur’an maka SMAN 1 Siompu Kabupaten Buton Selatan menerapkan metode kombinasi antara halaqah dan iqro’ yang di padukan untuk peserta didik, metode ini diberikan kepada siswa untuk membiasakan mereka mendengar dan melafalakan bacaan al- Qur’an.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-29