KONTRIBUSI PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPTENSI GURU TK DI KOTA BAUBAU
DOI:
https://doi.org/10.35326/juwara.v2i1.3385Keywords:
Kontribusi, Pengawas, Komptensi GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui peran pengawas dalam meningkatkan kecakapan guru Taman Kanak-kanak di Kota Baubau; 2) Mengidentifikasi hambatan pengawasan dalam meningkatkan kecakapan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Baubau; dan 3) Mengetahui upaya mengatasi hambatan pengawasan dalam peningkatan kecakapan guru Taman Kanak-Kanak di Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dan metodologi deskriptif. Instrumen pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data interaktif yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan proses pengambilan keputusan (verifikasi). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Supervisor melakukan pekerjaan yang buruk dalam meningkatkan kemampuan profesional guru taman kanak-kanak karena mereka tidak efektif dalam memantau, mengendalikan, dan mengevaluasi kegiatan kelas guru. 2) Karena kepala sekolah dan guru tidak berperan aktif dalam tugas supervisi yang dilakukan oleh pengawas maka terjadi hambatan supervisi terhadap pengembangan keterampilan profesional guru Taman Kanak-Kanak. 3) Upaya sedang dilakukan untuk mengatasi hambatan pengawasan terhadap pengembangan profesionalisme guru. Hal ini dilakukan dengan meminta kepala sekolah dan instruktur lebih berperan aktif dalam tugas supervisi yang dilakukan oleh pengawas untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh guru.