PENGARUH MODEL INQUIRI GUIDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA KELAS X SMA NEGERI 14 BOMBANA
DOI:
https://doi.org/10.35326/juwara.v1i3.3289Keywords:
Model Inquiri, Biologi, Sistem PeredaranAbstract
Pembelajaran biologi melibatkan gaya maupun benda hidup sebagai mata pelajaran. Sebagian besar biologi diciptakan melalui eksperimen dan observasi. Studi biologi harus, dalam teori, memfokuskan penekanan yang sama pada penetapan prosedur dan sikap ilmiah sebagaimana pada hafalan pengetahuan konseptual karena biologi adalah ilmu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model inkuiri guided learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok Sistem Peredaran Darah Manusia kelas X SMAN 14 Bombana. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Desain yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretes-postest control Design Group. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 40 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Data hasil penelitian ini mencakup ranah kognitif. Pengukuruan hasil belajar tersebut menggunakan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inquiri guided learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok sistem peredaran darah manusia kelas X SMAN 14 Bombana