MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PENERAPAN METODE MEMBACA CEPAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Karim Karim Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari
  • Kamasiah Kamasiah STAI YPIQ Baubau

DOI:

https://doi.org/10.35326/juwara.v1i3.3197

Keywords:

Kemampuan Membaca, Metode Pembelajaran, Membaca Cepat

Abstract

Mayoritas siswa dalam penelitian ini siswa memiliki kemampuan membaca yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV dengan menerapkan metode membaca cepat pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. Siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaobula Kota Baubau mengikuti pembelajaran. Jumlah siswa kelas IV sebanyak 12 orang, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ditemukan bahwa pra tindakan menunjukkan bahwa siswa membaca rata-rata 77 kata per menit, dengan pemahaman membaca rata-rata 49,17%, dengan 3 siswa (atau 25%) memenuhi KKM. Pada siklus I rata-rata kecepatan membaca siswa adalah 87 kata per menit, dan rata-rata pemahaman membaca mereka, termasuk 7 siswa (58%) yang memperoleh KKM, adalah 66,67%. Siswa siklus II rata-rata membaca 102 kata per menit, dan 11 diantaranya (91,67%) mencapai KKM. Pemahaman membaca siswa adalah 78,33%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode membaca cepat dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV mata pelajaran Bahasa Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-08