PENGEMBANGAN KEMATANGAN KARIR DALAM PROGRAM BIMBINGAN KARIR SISWA DI MTs NEGERI BAHARI
DOI:
https://doi.org/10.35326/juwara.v1i2.3187Keywords:
Kematangan, Program Bimbingan, Karir SiswaAbstract
Bimbingan karir sebagai usaha bimbingan kepada siswa dalam usaha pertimbangan untuk bekerja atau tidak, dan jika perlu bekerja. memiliki lapangan kerja yang cocok dengan ciri-ciri pribadi, menentukan lapangan pekerjaan dan memasukinya serta mengadakan penyesuaian kerja secara baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah rancangan penelitian yang menggambarkan secara jelas dan nyata variabel penelitian dalam bentuk angka-angka dan statistik. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata program bimbingan karir (Variabel X) yaitu 72,37 dengan bobor skor 4342, dan nilai rata-rata kematangan karir siswa (Variabel Y) yaitu 75,69 dengan bobot skor 4541. Setelah diketahui nilai rata-rata dari semua hubungan, maka peneliti menganalisis Validitas, rebilitas, dan hipotesis dengan menggunakan program SPSS 16,0 dengan taraf α=0,5. Pengujuian indeks diukur dari taraf 0,70-0,90. Artinya terdapat validitas yang kuat terhadap angket yang digunakan. Kesimpulannya seluruh item yang digunakan telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas. Artinya terdapat validitas yang cukup terhadap angket yang digunakan. Kesimpulannya seluruh item yang digunakan telah memenuhi syarat uji validitas dan reliabilitas