Pengaruh Desain Produk, Harga, Dan Kolaborasi Merek Terhadap Minat Beli Pada Produk Virtual Game Mobile Legends: Bang Bang
DOI:
https://doi.org/10.35326/jiam.v7i2.6422Keywords:
Desain produk, Harga, Kolaborasi merek, Minat beli, Produk Virtual, Game onlineAbstract
Berbagai faktor dapat mempengaruhi minat beli pemakai terhadap produk virtual yang disediakan game Mobile Legends: Bang-Bang. Kebaharuan dari penelitian ini adalah pada objek penelitian yaitu Mobile Legends: Bang Bang dan pengembangan hubungan variabel bebas dan terikat yang masih memberikan hasil yang bervariasi pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini bertujuan menguji hubungan variabel desain produk, harga, dan kolaborasi merek terhadap minat beli produk virtual pada Mobile Legends: Bang Bang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling. Jumlah responden yang terkumpul pada sebanyak 110 responden dari Kota Surabaya dengan mengisi kuesioner yang dikirim menggunakan Google form. Data kemudian dianalisis menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modeling dengan program SmartPLS. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa desain produk, harga, dan kolaborasi merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat beli produk virtual game Mobile Legends: Bang Bang di Kota Surabaya. Harga memiliki pengaruh terkecil dibandingkan pengaruh desain produk dan kolaborasi merek terhadap minat beli yang menunjukkan pemakai game Mobil Legends: Bang Bang di Kota Surabaya lebih mementingkan desain produk virtual yang berkualitas dan menarik serta adanya kolaborasi merek terkenal daripada harga produk virtual yang tersedia.
Various factors can influence user purchasing interest in virtual products provided by the Mobile Legends: Bang-Bang game. The novelty of this study lies in the object of research, namely Mobile Legends: Bang Bang and the development of the relationship between independent variables and dependent variables which still provide varying results in previous studies. This research aims to examine the relationship between product design variables, price, and brand collaboration on purchasing interest in virtual products in Mobile Legends: Bang Bang. This research is a quantitative research using purposive sampling data collection. The number of respondents collected was 110 respondents from the city of Surabaya by filling out a questionnaire sent using Google form. The collected data was then analyzed using Partial Least Square-Structural Equation Modeling with the SmartPLS program. The results of the study indicate that product design, price, and brand collaboration have a significant and positive effect on the purchase interest of the Mobile Legends: Bang Bang virtual game product in Surabaya City. Price has the smallest effect compared to the effect of product design and brand collaboration on purchase interest, which shows that Mobile Legends: Bang Bang game users in Surabaya City prioritize quality and attractive virtual product designs and the existence of well-known brand collaborations rather than the price of available virtual products.