Tinjauan Transformasi Ilmu Pemasaran Dalam Political Marketing pada Pemilihan Umum

Authors

  • Deki Pardana Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Fariz Mustaqim Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Hasni Hasni Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • La Ode Abdul Rakhman Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan telaah pustaka yang bersumber dari berbagai artikel/literatur internasional dengan konsep transformasi ilmu pemasaran ke dalam marketing politic. Dengan menggunakan model teknik pemasaran komersial, pemasaran politik adalah variasi dari kebijakan komunikasi pemasaran yang mempromosikan individu atau partai politik. Organisasi politik dapat menggunakan serangkaian teknik ini untuk mencapai tujuan yang berkaitan dengan program politik mereka dengan membentuk perilaku pemilih. Pemungutan suara untuk peserta pemilu, khususnya partai politik, dapat dibuat lebih sukses dengan mempertimbangkan strategi mereka secara hati-hati dan menyajikan pesan yang berbeda. Dalam proses demokratisasi, pemasaran politik memainkan peran penting. Kalangan politik semakin banyak mengadopsi sejumlah strategi yang sebelumnya hanya digunakan oleh sektor korporat, terutama selama musim pemilu. Partai politik menggunakan semua strategi yang ada dalam buku ini untuk meningkatkan elektabilitas dan dukungan publik. Selain itu, pemasaran politik memiliki kekuatan untuk meningkatkan hubungan yang terjalin antara kandidat dan pemilih. Namun, kesuksesan partai politik atau kandidat tidak semata-mata ditentukan oleh pemasaran politik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pardana, D., Sujana, I. W., Mustaqim, F., Hasni, H., & Rakhman, L. O. A. (2023). Tinjauan Transformasi Ilmu Pemasaran Dalam Political Marketing pada Pemilihan Umum. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 6(2), 176–186. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/jiam/article/view/4673