Analisis Performa Keuangan Aspek Likuiditas dan Kinerja Layanan BLU Universitas Brawijaya Tahun 2017-2020
DOI:
https://doi.org/10.35326/jiam.v6i1.3270Keywords:
BLU, kinerja keuangan, kinerja layananAbstract
Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan salah satu institusi yang memberikan pelayanan publik di bidang pendidikan. Kondisi keuangan PTN menentukan kualitas perguruan tinggi, termasuk kualitas sumber daya manusia yang dihasilkannya. Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan publik di Indonesia, diperkenalkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PPK BLU). Universitas Brawijaya mengadopsi PPK BLU sejak tanggal 17 Desember 2008. Berdasarkan beberapa penelitian terdahulu, UB sebagai BLU belum pernah dilakukan penilaian kinerja keuangan yang berpedoman pada PER-28/PB/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan BLU Universitas Brawijaya selama kurun waktu 4 (empat tahun) yang dimulai dari tahun 2017 – 2020. Berdasarkan analisis rasio keuangan menurut PER-28/PB/2019, dari aspek likuiditas dan kinerja layanan menunjukkan bahwa kinerja BLU Universitas Brawijaya semakin membaik dari tahun ke tahun. Rasio keuangan BLU untuk aspek likuiditas selama tahun 2017 – 2020 memperoleh kriteria tinggi untuk rasio kas dan rasio lancar. Sedangkan periode penagihan piutang BLU termasuk kriteria cepat yang mencerminkan peningkatan kemampuan BLU untuk mengkonversi piutang yang dimiliki menjadi kas. Selanjutnya dari aspek kinerja layanan, BLU memiliki kemandirian tinggi dalam kurun waktu 4 (empat) tahun sehingga mampu meningkatkan kinerja operasional yang efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.