Pengaruh Budaya, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi dengan Kluster Perekonomian sebagai Variabel Moderasi Berdasarkan Perspektif Gender

Authors

  • Deanita Sari Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Desi Rahmiyanti Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia
  • Amnatia R Abdullah Universitas Bina Mandiri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35326/jiam.v4i2.1579

Keywords:

Budaya, Perilaku Belajar, Kemampuan Emosional, Kemampuan Intelektual, Kluster Ekonomi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Budaya, Perilaku Belajar, Kemampuan Emosional dan Kemampuan Intelektual Terhadap Pemahaman Akuntansi Menggunakan Metode Pembelajaran Daring dengan Kluster Perekonomian Sebagai Variabel Moderasi Berdasarkan Perspektif Gender. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Angkatan 2017-2020 Universitas Muhammadiyah Kupang dengan sampel berjumlah 220 mahasiswa, Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Analisis regresi linear berganda, MRA (Moderated Regression Analysis), dan Uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan dan parsial Budaya, Perilaku belajar, Kemampuan Emosional, dan Kemampuan intelektual berpengaruh secara signifikan terhadap Pemahaman Akuntansi. Hasil uji MRA menunjukkan bahwa Kluster Perekonomian tidak memoderasi hubungan antara Budaya, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi. Berdasarkan Gender hanya Variabel perilaku belajar dan kecerdasan emosional yang berbeda antara laki-laki dan perempuan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Budaya, Perilaku Belajar, Kemampuan Emosional dan Kemampuan Intelektual Terhadap Pemahaman Akuntansi Menggunakan Metode Pembelajaran Daring dengan Kluster Perekonomian Sebagai Variabel Moderasi Berdasarkan Perspektif Gender. Populasi dalam penelitian ini Mahasiswa Angkatan 2017-2020 Universitas Muhammadiyah Kupang dengan sampel berjumlah 220 mahasiswa, Teknik analisis data yang dilakukan yaitu Analisis regresi linear berganda, MRA (Moderated Regression Analysis), dan Uji beda rata-rata. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan dan parsial Budaya, Perilaku belajar, Kemampuan Emosional, dan Kemampuan intelektual berpengaruh secara signifikan terhadap Pemahaman Akuntansi. Hasil uji MRA menunjukkan bahwa Kluster Perekonomian tidak memoderasi hubungan antara Budaya, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi. Berdasarkan Gender hanya Variabel perilaku belajar dan kecerdasan emosional yang berbeda antara laki-laki dan perempuan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-30

How to Cite

Sari, D., Rahmiyanti, D., & Abdullah, A. R. (2021). Pengaruh Budaya, Perilaku Belajar, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Intelektual terhadap Pemahaman Akuntansi dengan Kluster Perekonomian sebagai Variabel Moderasi Berdasarkan Perspektif Gender. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 4(2), 100–111. https://doi.org/10.35326/jiam.v4i2.1579