Efektivitas Bimbingan Kelompok melalui Teknik Expressive Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Amarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau

Authors

  • Desi Damayanti Desi Damayanti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samsaifil Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maria Ulfa Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Expressive Writing, Mengelola Emosi Amarah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Amarah siswa. Metode penelitian menggunakan experimental dengan desain penelitian Pre Experimental Desain: One Group Pretest-Posttest design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini kelas VIII 3 dijadikan kelas penelitian dengan jumlah 24 siswa. Dari siswa inilah peneliti gunakan untuk mengetahui gambaran umum kemampuan mengelola emosi amarah pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Sehingga yang memiliki kategori rendah kemampuan mengelola emosi  amarah 10 orang siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan tingkat kemampuan mengelola emosi amarah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau pada nilai yang di peroleh pre-test 18,39% dan post-test 29,16%, sehingga di peroleh hasil dari uji uji wilcoxon di gunakan untuk membandingkan perbedaan nilai pre-test dan post-test , sehingga memperoleh nilai signifikansi atau Asymp. Sig (2-tailed) 0.005< 0.05, maka hipotesis diterima. yang berarti dapat disimpulkan bahwa pemberian perlakuan bimbingan kelompok melalui teknik expressive Writing dapat meningkatkan kemampuan mengelola emosi amarah siswa secara signifikan atau efektif untuk dilakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amanah, M., Pendidikan, F. I., Pendidikan, F. I., Kelompok, K., & Playing, T. R. (2019). Penerapan Konseling Kelompok Role Playing untuk Mengendalikan Emosi Marah Siswa Di SMP N 3 Taman Sidoarjo. Jurnal BK UNESA 43–52.

Angela, N. P. (2017). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Role Playing dalam Mengelola Emosi Diri Di SMPN 11 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2015/2016.(Doctoral Dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).

Arikunto, (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. (2012). Penyusunan Skala Psikologi edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar). Yogyakarta:Gava media

Endra, F. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian. In Statistika Praktis. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Fitri, Z. (2018). Keefektifan Teknik Menulis Ekspresif untuk Meningkatkan Kemampuan Pengendalian Emosi Siswa Kelas Xi Smk Murni 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019. https://edukasi.kompas.com/read/2020/01/21/13494emosi-pengaruhi-prestasi-akademikanak- di-sekolah?page=all

Kumara, A. (2018). Mengenali dan Menangani Emosi Pada Siswa. PT Kanisius.

Kurnanto, M.E. (2013). Konseling Kelompok. Bandung: Alfabeta

Maharani, S.N, Noviekayati, I & Meiyuntariningsih, T. (2017). Efektifitas Expressive Writing Therapy Dalam Menurunkan Tingkat Stress Pada Remaja Dengan Albino Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Introvert Dan Ekstrovert. Jurnal Psikologi Indonesia. 6(2), 98- 110.

Muri Yusuf. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta:

Natawidjaja, Rochman. (2017). Konseling Kelompok Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Rizqi Press.

Ningsih, V. N., & Christiana, E. (2017). Penerapan Teknik Expressive Writing Untuk Meningkatkan Pengelolaan Emosi Marah Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektro Smkn 1 Driyorejo. Jurnal BK Unesa, 7(3), 163–174.

Rangkuti, A. A. (2017). Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilowati, T. G., & Hasanat, N. U. (2015). Pengaruh Terapi Menulis Pengalaman Emosional Terhadap Penurunan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. Jurnal Psikologi, 38(1), 92 – 107–107.

Ulandari, Y. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling & Development, 01(01), 1–8.

Widaryati. Sri. 2013. Efektivitas Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Efikasi Diri Siswa SMA Negeri 1 Pengasih Tahun Pelajaran 2012/2013. PSIKOPEDAGOGIA Bimbingan dan Konseling, 2(2): 25-31.

Ulfa, M., Sadif, R. S., Husniah, W. O., Unhaluddin, K., Adan, L. M. H., & Aim, M. I. M. (2020, May). Impact of Child Development Psychology on Conflicts Between Gunung Jaya and Sampoabalo Village, Buton of Regency. In 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019) (pp. 231-234). Atlantis Press.

Winkel & Hastuti (2014). Bimbingan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wulandari, R. (2016). perbedaan tingkat pengendalian emosi antara remaja yang tinggal didesa dan yang tinggal di kota. Revista Brasileira de Ergonomia, 9 (August), 10.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Desi Damayanti, D. D., Samsaifil, & Maria Ulfa. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok melalui Teknik Expressive Writing untuk Meningkatkan Kemampuan Mengelola Emosi Amarah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Baubau. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(2), 239–246. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/6321