Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kapontori

Authors

  • Zarina inang universitas muhammadiyah buton
  • Wa Ode Husniah Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menguji efektifitas bimbingan kelompok Teknik modeling dalam meningkatkan perencanna karir pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kapontori, pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, metode penelitian pre-experimental design one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yaitu kelas X SMA Negeri 1 Kapontori. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan Teknik sample porposive dengan sampel penelitian 12 siswa. pretest dan postest menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.002 < 0.05 atau (p < 0,05), menunjukan adanya perbedaan antara pretest dan posttest. Hasil penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf singnifikasi p < 0.05. hasil penelitian dan analisis melalui bimbingan kelompok dengan Teknik modeling terbukti dapat meningkatkan perencanaan karir siswa dan dapat dijadikan sebagai informasi bagi guru bimbingan dan konseling dalam Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui layanan bimbingan kelompok dengan Teknik modeling

Downloads

Download data is not yet available.

References

Husniah, W. O., Ulfa, M., Sadif, R. S., Sholehah, H., & Hesti, H. (2022). Layanan Informasi Karir Mengenal Minat Karier Holland Bagi Remaja Karang Taruna Desa Waraa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1(05), 173-179.

Husniah, W. O., Safaria, R., Ulfa, M., & Rahmah, S. (2022). Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Melalui Bimbingan Kelompok Dengan Short Movie Impian. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 6(1), 159-167.

Husniah, W. O., Edison, E., & Elu, E. S. R. (2023). Peningkatan Perencanaan Karier Siswa melalui Layanan Informasi Karier dengan Menerapkan Teori Karier Holland. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(3), 694-701.

Mailani, triyono. (2016). Materi layanan klasikal bimbingan dan konseling bidang bimbingan karier. Yogyakarta: paramitra publishing.

Intan d., rusmiwari, s., & suprojo, a. (2018). Pengaruh pelayanan publik terhadap kepuasan masyarakat: studi kasus izin produksi pangan industri rumah tangga di kantor badan penanaman modal kota batu. Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik (jisip), 6(2).

Saputri, y. Y., purwanti, p., & yusuf, a. (2016). Orientasi karir pada peserta didik di sma negeri 1 sungai raya. Jurnal pendidikan dan pembelajaran khatulistiwa (jppk), 7(9).

Suyanto & jihad, a. (2013). Menjadi guru profesional (strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global). Jakarta: esensi.

Syifa, a. (2020). Intensitas penggunaan smartphone, prokrastinasi akademik, dan perilaku phubbing mahasiswa. Counsellia: jurnal bimbingan dan konseling, 10(1), 83-96.

Sutisna, i. (2020). Statistika penelitian. Universitas negeri gorontalo, 1(1), 1-15

Sugiyono.(2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r & d. Bandung: alfabeta

Ulfa, M. (2018). Meningkatkan Perilaku Prososial Melalui Layanan Bimbingan Konseling Teknik Modeling Di SMPN 2 Kulisusu. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 2(2), 35-41.

Ulfa, M., Husniah, W. O., & Sofyan, S. (2022). Modelling Simbolik Untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(4), 902-912.

Ulfa, M. (2023). Increasing Student Learning Interest with Multiple Modeling Techniques. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 7(2), 132-142.

Wijaya, R. S., Kurniawan, U. T., & Irmayana, R. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modelling Simbolis untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa IX SMP Negeri 3 Baubau.

Downloads

Published

2024-07-24

How to Cite

inang, Z., & Wa Ode Husniah. (2024). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Kapontori. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 3(01), 216–220. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/5873