Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Meningkatkan Karakter Moral Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Baubau
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Karakter Moral, TikTokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Aplikasi TikTok Untuk Mengembangkan Karakter Moral Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain penelitian Pre Eksperimental One-Group Pretest-Posttest Desain. Populasi penelitian 60 siswa, 30 siswa kelas VII1 dan 30 siswa kelas VII2. Teknik sampling menggunakan Sampling Non Probability Sampling dengan jenis Porposive Sampling yang terdiri dari 10 siswa karakter moral rendah yang diberikan bimbingan kelompok menggunakan aplikasi TikTok. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dengan Statistik Non Paramentric uji Analisis Wilcoxon Signed-Rank Test. Nilai Pre-Test yang diperoleh menunjukan 100% dengan jumlah 10 siswa kategori rendah karakter moral dan hasil Post-Test pada kategori tinggi 7 siswa dengan presentase 70% dan 3 siswa kategori sedang dengan presentase 30%. Hasil analisis uji Wilcoxon Signed-Rank menggunakan SPSS 2021 menunjukkan nilai Asymp.Sig(2-Tailed) 0.002 atau p<0.05 dengan nilai Z -2803b, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok menggunakan aplikasi TikTok juga dapat mengembangkan karakter moral siswa kelas VII SMP Negeri 4 Baubau.
Downloads
References
Agus, W. (2020). Hakekat Karakter. Pendidikan, 10–59.
Azwar, Saifuddin. 2012. “Penyusunan Skala Psikologi”. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 213.
C.A Kearneydan dan W.K Silverman. (2020). Membolos. Gastronomía ecuatoriana yal., 1(69), 5–24.
Cahyono, H. (2016). pendidikan karakter: strategi pendidikan nilai dalam membentuk karakter religius.
Dewanta, A. (2020). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2 , Oktober 2020 Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia Vol 9 No 2 , Oktober 2020. 9(2), 79–85.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Febrianti, N., & Dewi, D. A. (2021). Pengembangan Nilai Moral Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 5(2), 476–482. https://doi.org/10.31316/jk.v5i2.1772
Sheila, Salsabilla, Zainal Fauzi, en Akhmad Rizkhi Ridhani. 2020. “Model Bimbingan Kelompok Berbantuan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Di Sma Banjarmasin”. ePrints Uniska: 1–8. http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/3325.
Suparyanto dan Rosad. (2020). Skala Pengukuran Dan Instrumen Penelitian. Suparyanto dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
yati, rabi. (2015). Guru Efektif Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. Permasalahan Krisis Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Perpektif Psikologi Pendidikan, 2504, 1–9. https://www.academia.edu/35692180/Guru_efektif_dalam_perspektif_psikologi_pendidikan