Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik Dalam Belajar Siswa XI SMA Negeri 3 Lakudo
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Cognitive Restructuring, Motivasi Intrinsik dalam BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Layanan Bimbingan Kelompok menggunakan Teknik Restrukturisasi Kognitif Untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik Dalam Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan desain penelitian Pre Eksperimental One-Group Pretest-Posttest Desain . Populasi penelitian 48 Siswa i dari 2 kelas yaitu kelas IPA 23 Siswa dan kelas IPS 25 Siswa. Teknik sampling menggunakan Sampling Non Pribabilitas dengan jenis Purposive Sampling yang terdiri dari 8 siswa kategori rendah motivasi intrinsik dalam belajar yang diberikan bimbingan kelompok dengan teknik rekonstruksi kognitif . Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif dengan Statistik Non Parametrik uji Analisis Wilcoxon Signed-Rank . nilai pre-test yang diperoleh menunjukkan 100% dengan jumlah 8 siswa kategori rendah motivasi intrinsik dalam belajar dan hasil Post-test pada kategori sedang 5 siswa dengan persentase 62,5% dan 3 siswa dengan persentase 37,5% kategori tinggi. Hasil analisis uji Wilcoxon Signed-Rank menggunakan SPSS 2021 menunjukkan nilai Asymp. Sig(2-tailed) 0.012 atau p<0.05 dengan nilai Z -2.524, maka dapat disimpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik rekonstruksi kognitif juga dapat meningkatkan motivasi intrinsik dalam belajar siswa.
Downloads
References
Admin. (2021). Pendidikan di Indonesia Saat Ini. 1 Februari. https://www.kabarpendidikan.id/2021/02/pendidikan-di-indonesia-saat-ini.html
Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar Kompilasi Konsep (M. Fadli. M.Pd (ed.)).
Ariani Hrp, N., Masruro, Z., Zahara Saragih, S., Hasibuan, R., Simamora, S. S., & Toni. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Widina Bhakti Persada Bandung.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan reliabilitas penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS. Mitra Wacana Media.
Edison, E., Anuar, A. B., Nesta, A. A., & Pradini, W. (2023). Analisis Faktor Penyebab Stres Akademik Dengan Teknik Rekstrukturisasi Kognitif. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5070-5084.
Hartanti, J. (2022). Tinjauan Teoritis Bimbingan Kelompok (L. N. Riandika (ed.)).
Luh, N., Nuraini, S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah. 55–64.
Priadana, H. M. S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books.
Rasdiany, A. N., & Neviyarni, S. (2022). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Efektivitas Teknik Cognitive Restructuring Setting Kelompok untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa di SMKN 6 Padang. 4(3), 4180–4185.
Sadif, R. S. (2023). PERILAKU CYBERBULLYING DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF (Studi Kasus Pada Remaja Siswa Di SMA Negeri 3 Lasalimu). Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(02), 140-151.
Saputri, I., & Ayriza, Y. (2021). Hubungan Perilaku Prososial dengan Persepsi Penerimaan Teman Sebaya pada Remaja Awal. Acta Psychologia Available, 3, 21–28.
Soetjipto, H. P., & Soetjipto, S. M. (2020). 40 Teknik yang harus diketahui setiap konselor. Pustaka Pelajar.
Subandriyo, B. (2020). Statistik Non Parametrik. Diklat Fungsional Statistisi Tingkat Ahli – BPS Angkatan XXI, Jakarta, 0–55