Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Media Tiktok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Baubau
Keywords:
KeywordsAbstract
Abstrak: Kepercayaan diri merupakan keyakinan yang berkaitan dengan kemampuan dan harga diri yang kuat. Banyak siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah yang ditemukan pada siswa Kelas X SMK Negeri 2 Baubau, sehingga untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa menggunakan layanan bimbingan kelompok melalui media Tiktok. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) untuk mengetahui gambaran umum kepercayaan diri siswa kelas X SMK Negeri 2 Baubau, (2) untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingna kelompok melalui media Tiktok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMK Negeri 2 Baubau, (3) untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok melalui media Tiktok untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMK Negeri 2 Baubau. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian One group pretest-posttest. Subjek penelitian ini terdiri dari 10 siswa kelas X SMK Negeri 2 Baubau yang memiliki kepercayaan diri rendah. Metode pengumpulan data yang digunkan yaitu skala pengukuran dengan menggunakan skala linkert sedangkan teknik analisis data yang digunakan uji wilcoxon statistic non parametric. Hasil penelitian menunjukkan nilai Asymp.sig.(2-tailed) sebesar 0,005<0,05 atau (p<0,05), dengan hasil tersebut menunjukan bahwa ada perbedaan yang sebelum di berikan treatmen (pretetst) dan setelah diberikan treatmen (post-test), sehingga layanan bimbingan kelompok melalui media Tiktok efektif dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas X SMK Negeri 2 Baubau.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Bimbingan Kelompok, Tiktok
Downloads
References
Amri, S. 2018. “Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3 (2): 156–68.
Aristiani, Rina. 2016. “MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI BERBANTUAN AUDIOVISUAL.” Web and Information Security 2 (2): 173–95. https://doi.org/10.4018/978-1-59140-588-7.ch009.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Belajar.
Endra, F. 2017. “Pedoman Metodologi Penelitian.” In Statistika Praktis, Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Fadilah, Syifa Nur. 2019. “Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan.” Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 3 (2): 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057.
Dr. Jahju Hartanti, M.Psi. 2022. Bimbingan Kelompok. Book.
Kartini, S. (2019). Krisis Percaya Diri. Mutiara Aksara.
Savira Amadhea, Apriliani, and Maghfirotul Lathifah, S.Pd., M.Pd. 2021. “Efektivitas Layanan Informasi Dalam Bimbingan Kelompok Dengan Media Tik Tok Untuk Meningkatkan Self Concept Siswa.” HELPER : Jurnal Bimbingan Dan Konseling 38 (1): 17–25. https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no1.a3401.
Susilowati. 2018. “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe).” Jurnal Komunikasi 9 (2): 176–85. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom.
Wati, S., & Edison, E. (2022). EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAUBAU. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(02), 59-64.