EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN PERILAKU MEMBOLOS SISWA SMP NEGERI 2 BATUATAS
Keywords:
Konseling Kelompok, Self Management, Kecenderungan Perilaku MembolosAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management UntukMengurangi Kecenderungan Perilaku Membolos Siswa. Metode penelitian menggunakan experimental dengan desain penelitian Pre Experimental Desain: One Group Pretest-Posttest design dan menggunakan pendekatan kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Batuatas yang berjumlah 22siswa, dan sampel dalam penelitian ini 6 siswa teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan skala kecenderungan perilaku membolos. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Adapun hasil dalam penelitian ini mengalami pengurangan kecenderungan perilaku membolos dapat dilihat pada skor pretest 597 atau rata-rata atau mean 99,5 , dan skor pada posttest 379 atau nilai rata- rata atau mean 63,1. Hasil analisis uji test statistik uji wilcoxon masing-masing pretest danposttest menunjukkan nilai Z (-2.264a) dan pada nilaiAsymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.004< 0.05 atau (p<0.05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada pengisisan skala perilaku membolos siswa sebelum diberikan konseling kelompok teknik self management (pretest) dan setelah diberikan konseling kelompok teknik self management (posttest).
Downloads
References
Afkarina, A. S., Mahmudah, M., Khaudli, M. I., & Jauhariyah, N. A. (2022). Peran Konseling Individu Dalam Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Mts Mukhtar Syafa’at Blokagung Tegalsari Banyuwangi. JKaKa: Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 2(2), 134–147.
Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114.
Erinawati. (2022). Management Terhadap Motivasi Belajar Management Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sma N 1 Bangunrejo.
Jayanti, N. K. D., Dantes, N., & Dharsana, I. K. (2020). Konseling Bevahioral dengan Teknik Role Playing Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Self Afiliasi. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 10(1), 41–49.
Rahmawati, E. D., Oktavia, C., & Sholichah, I. F. (2022). Teknik Self-Management untuk Menurunkan Perilaku Membolos pada Siswa MA. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 6(2).
Rosita, R., & Rasman Sastra Wijaya. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecenderungan Perilaku Membolos Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Baubau. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 118–123.
Saputra, W., Studi, P., Dan, B., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tarakan, U. B. (2018). perilaku membolos siswa kelas xii sma membolos siswa kelas xii sma mulawarman tarakan.
Shintia, n. (2023). Eksperimentasi Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Self Management Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Kegiatan Beribadah Di SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung).
Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96
Ulfa, M., Taherong, R., & Arifin, A. (2024). Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa Pasca Pandemic Covid-19 Melalui Konseling Kelompok Teknik Self Management. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4450–4471.
Vibrianti, S. R., Kiswantoro, A., & Mahardika, N. (2023). Penerapan Layanan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Perilaku