EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 45 BUTON

Authors

  • Indri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maria Ulfa Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Relaksasi, Konseling kelompok, Kejenuhan Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas konseling kelompok teknik relaksasi untuk mengurangi kejenuhan belajarsiswa kelas VIII SMP  Negeri 45 Buton. Metode penelitian menggunakan experimental dengan desain penelitian Pre Experimental Desain: One Group Pretest-Posttest design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 21 siswa dan sampel dalam penelitian ini 9 siswa maka teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan skala kejenuhan belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon.Adapun hasil penelitian mengalami pengurangan kejenuhan belajar siswa dapat lihat berdasarkan hasilpre-test dalam penelitian ini memperoleh nilai rat-rata 28,06%. Dan  nilai rata-rata hasil post-test 18,95%.Hasil analisis uji test statistik uji wilcoxon masing-masing pretest danposttest menunjukkan nilai Z (-2.668a) dan pada nilaiAsymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.008< 0.05 atau (p<0.05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan pada pengisisan skala kejenuhan belajar siswa sebelum diberikan konseling kelompokteknik relaksasi(pretest) dan setelah diberikan konseling kelompok teknik relaksasi(posttest).sehingga konseling kelompokteknik relaksasi efektif mengurangi kejenuhan belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 45 Buton

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arizona, A., & Intika, T. (2019). Implementasi Teknik Relaksasi pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa PGSD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 2(2), 1.

Arman, B (2019). Stres Belajar Suatu Pendekatan dan Intervensi Konseling. http://eprints.unm.ac.id/2478/1/Buku - Stres Belajar.pdf

Hanina, P., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 5(5), 3791–3798.

Husniah, W. O., Ulfa, M., & Andriani, W. (2022). Efektivitas Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Rasa Jenuh Belajar Daring. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(1), 50-57.

Mubarok, M. I. (2018). Upaya Menurunkan Kejenuhan Belajar Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Games pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(3), 143–154.

Mulkiyan, M. (2017). Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa melalui Konseling Kelompok. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 136–142.

NUR SAKHRA SYAM. (2020). Tugas Individu Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sdn No 17 Pokobulo. 17, 1–22.

Nurcahyani, I., & Fauzan, L. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa Sma. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–6.

Rahma. (2022). Pengaruh Kejenuhan Terhadap Konsentrasi Belajar dan Cara Mengatasinya pada Peserta Didik di SDN 1 Pandan. JURNAL PANCAR: Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar, 6(2), 242–250.

Suyono, D. (2016). Keefektifan Teknik Relaksasi untuk Menurunkan Stres Akademik Siswa SMA. Jurnal Pendidkan Humaniora, 4(2), 115–120.

Yuliana, L. (2010). Universitas Muhammadiyah Malang. Universitas Stuttgart, 2(L), 3–5.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Indri, & Maria Ulfa. (2023). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR SISWA SMP NEGERI 45 BUTON. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(02), 171–176. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/4993