EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMIA

Authors

  • Ica Saputra Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rosmawati Taherong Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Konseling Kelompok, Mind Mapping, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji konseling kelompok dengan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia. Metode penelitian menggunakan experimental dengan desain penelitian PreExperimental Desain: One Group Pretest-posttest design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 27 siswa, sampel penelitian ini dengan teknik pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar berjumlah 5 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling purposive. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Wilcoxon. Hasil Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemandirian belajar. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan antara nilai pre-test dan posttest, dimana skala pretest diperoleh 5 siswa (100%) mengalami kemandirian belajar yang rendah dan skala posttest menunjukan adanya kategori tinggi 1 siswa dengan persentasi (20%), kategori sedang terdapat 3 siswa dengan persentasi (60%), dan kategori rendah terdapat 1 siswa dengan persentasi (20%). Sehingg hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan nilai asymp. Sig. (2-tailer) 0,005<0.05, dengan demikian konseling kelompok dengan teknik mind mapping efektif meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tomia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Basri, L. O. (2012). Kemandirian Belajar atau Belajar Mandiri.

https://www.smadwiwarna.net/website/data/artikel/kemandirian.htm. Diakses 20-12-2015

Depdiknas. (2007). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jarul Pendidikan Formal. Jakarta: Ditjen PMPTK, Depdiknes.

Edwar, Caroline. (2009). Mind Mapping Untuk Anak Sehat Dan Cerdas. Yogyakarta: Wangun Printika.

Kurniawan, U. T. (2018). Pengaruh Penerapan Bimbingan Kelompok melalui Teknik Mind Map dalam Meningkatkan Keterampilan Siswa Memecahakan Masalah pada Smk Negeri 2 Makassar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 4(1), 71-78.

Mudjiman, Haris. (2011). Belajar Mandiri. Surakarta: UNS PRESS

Nurihsan. (2012). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling (Edisi Revisi). Bandung: PT. Refika Aditama.

Prayitno. (2013). Konseling Profesional yang Berhasil: Layanan dan Kegiatan Penduduk. Jakarta Rajawali Pers.

Salohot Batubara, A.F. (2017). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI dI MAN 18 Jakarta. Jakarta: 21-29.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Verra, F. (2020). Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Metode Mind Mapping Dan Homework Assignmen Tuntuk Menurunkan Kesulitan Belajar.

Yovita, R. (2019). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Mind Mapping Dalam Meningkatkan Self-Regulated Learning pada Siswa di SMP N 4 Ngaglik. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Ica Saputra, & Rosmawati Taherong. (2023). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TOMIA. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(02), 164–170. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/4992