PERILAKU CYBERBULLYING DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF (Studi Kasus Pada Remaja Siswa Di SMA Negeri 3 Lasalimu)

Authors

  • Ruslan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ria Safaria Sadif Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Cyberbullying, Restrukturisasi Kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran perilaku cyberbullying siswa di SMA Negeri 3 Lasalimu, 2) penyebabkan perilaku cyberbullying siswa di SMA Negeri 3 Lasalimu, 3) penanganan dalam mengatasi perilaku cyberbullying siswa di SMA Negeri 3 Lasalimu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Subjek penelitian ada satu orang remaja SMA Negeri 3 Lasalimu yang berinisial AR. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perilaku cyberbullying yang dilakukan oleh AR adalah flaming dan harrasement. 2) Faktor yang memengaruhi perilaku cyberbullying AR yaitu itensitas penggunaa sosial media, kurangnya perhatian keluarga. 3) Penanganan perilaku cyberbullying pada konseli dilakukan dengan menggunakan teknik restrukturisasi kognitif terdiri atas 6 tahap yaitu rational treatment, identifikasi pikiran kedalam situasi, Pengenalan dan latihan coping thought, Peralihan pikiran negative ke coping tought, Latihan penguatan positif, dan evaluasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa setelah diberikan Setelah diberikan teknik restrukturisasi kognitif maka perubahan pikiran konseli dari irrasional ke rasional..

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Emilia dan Leonardi T. 2013. Hubungan Antara Kompetensi Sosial dengan Perilaku Cyberbullying yang dilakukan Oleh Remaja Usia 15-17. Jurnal Psikologi Kepribadian. Vol.2.No.2

Jaffray. (2016). Pengaruh Cyberbullying di Media Sosial Terhadap Perilaku Reaktif Sebagai Pelaku Maupun Sebagai Korban Cyberbullying pada Siswa Kristen SMP Nasional Makassar. Vol.14.No.1.

J.P. Chaplin, Dictionary, terj. Kartini Kartono,( 2011) Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers

Lahey, B. (2015). Psychologi: An Introduction (Tenth Edition). New York: Me Graw Hill

Mardianty. (2015). Studi Kasus Tentang Perilaku Bullying Siswa dengan Menggunakan Teknik Restrukturisasi Kognitif. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar: Tidak diterbitkan.

Maya, N. 2015. Fenomena Cyberbullying dikalangan Pelajar. Vol.4.No.3.

Mila Andriani (2021) Analisis Perilaku cyberbullying Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 17 Bandar Lampung.

Nursalim, M. (2013). Strategi Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.

Rachmatan, R. (2017). Cyberbullying pada Remaja SMA di Banda Aceh. Vol.13.No.2.

Wills. (2014) Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Ruslan, & Ria Safaria Sadif. (2023). PERILAKU CYBERBULLYING DENGAN TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF (Studi Kasus Pada Remaja Siswa Di SMA Negeri 3 Lasalimu). Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(02), 140–151. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/4989