EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ICE BREAKING UNTUK MENGURANGI KEJENUHAN BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 5 BAUBAU
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Kejenuhan Belajar Siswa, Ice BreakingAbstract
: Penelitian ini bertujuan mengetahui layanan bimbingan kelompok dengan teknik ice breaking untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 5 Baubau Tahun Ajaran 2022-2023.Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan metod penelitian Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan menggunakan teknik ice breaking dengan jumlah sampel 12 orang siswa.Teknik pengambilan data menggunakan Skala kejenuhan belajar. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon.Hasil penelitian menunjukan perbedaan nilai antarapretest dan posttest dimana terdapat12 siswa atau 100% pada kategori tinggi, 0 siswa atau 0% pada kategori sedang, 0 siswa atau 0% pada kategori rendah. Adapun data posttest menunjukan 0 siswa atau 0% pada kategori tinggi, 3 siswa atau 25% pada kategori sedang, 9 siswa atau 75% pada kategori rendah. Dengan hasil tersebut menunjukan adanya perbedaan antara pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikasi nilai Asymp Sig. (2-tailed) sebesar 0.002,< 0.005 atau (p<0,05). Dengan begitu hasil penelitian dan analisi terbukti efektif mengurangi kejenuhan belajar siswa dan dapat dijadikan informasi khusunya guru bimbingan dan konseling dalam mengurangi kejenuhan belajar.
Downloads
References
Aditiany, V., & Pratiwi, R. T. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(02), 102–109.
Ariani, N. (2020). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).
Ayu Rindu Astuti, Asti Solihat, I. S. (2020). the Influence of Ice Breaker To Students’ Motivation in Teaching English. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(2), 210.
Dewi, R. P., & Yosef, H. (2017). Hubungan antara Academic Self-Confidence Dengan Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa SMK Negeri 1 Indralaya Utara. Konseling Komprehensif, 14-27
Husniah, W. O., Ulfa, M., & Andriani, W. (2022). Efektivitas Teknik Relaksasi Melalui Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Rasa Jenuh Belajar Daring. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(1), 50-57.
Kartilah. (2018). Upaya Meningkatkan Self Concept Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Tehnik Homeroom Pada Siswa Kelas Xi Ips 1 Sma Negeri 1 Ambarawa, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5, 5–24.
Khairi, N. A. (2018). Penerapan Teknik Self Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa. Pencerahan, 12 (2), 172-200.
Ningsi, F. 2016. Eefktivitas Teknik Relaksasi Untuk Mengurangi Kejenuhan (Burnout) Belajar Pada Siswa Kelas XI SMAN 6 Yogyakarta. Skripsi. Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan UNY
Muharrir Syahruddin, M., Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186.
Puluhulawa, M., Djibran, M. R., & Pautina, M. R. (2017). Layanan bimbingan kelompok dan pengaruhnya terhadap self-esteem siswa. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis, 4–6.
Raqfika, U., A., & Chanum, I. (2016). Penerapan Konseling Individu Dengan Teknik Instruksi Diri Dalam Pendekatan Terapi Kognitif Perilaku Untuk Mengurangi Kejenuhan Pada Siswa (Penelitian Subjek Tunggal Terhadap Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5 (1), 126.