ANALISIS KECANDUAN GAME ONLINE HIGS DOMINO ISLAND DAN PENANGANANNYA MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT
Keywords:
Game Online, Konseling Individu, , Teknik self managementAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran permasalahan tentang siswa yang mengalami kecanduan game online higs domino island, penyebab siswa mengalami kecanduan game online serta bentuk penanganan konseling individual dengan teknik self management untuk mengatasi sisiwa yang mengalami kecanduan game online higs domino island penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini berjumlah satu orang siswa kelas XI SMA Negeri 1 GU. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, dengan tahapan studi kasus yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, pelaksanaan treatment dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) permasalahan kecanduan game online higs domino island yang dialami konseli memberikan dampak negative bagi siswa itu sendiri (2) penyebab siswa mengalami kecanduan game online higs domino island karena penasaran terhadap game yang dimainkan, rasa bosan, ketidak mampuan dalam mengatur prioritas, kurangnya self control dalam diri siswa, kurang memiliki hubungan sosial yang baik dan kurangnya perhatian dari orang terdekat (3) penanganan yang diberikan adalah layanan konseling individual menggunakan teknik self management yang berperan untuk membantu siswa dalam mengatur waktunya sehinggah bisa mengontrol diri dalam bermain game online higs domino island. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa dengan pemberian layanan konseling individu menggunakan teknik self management dapat mengurangi perilaku kecanduan game online higs domino island yang dialami siswa
Downloads
References
Abdi, S., & Karneli, Y. (2020). Kecanduan Game online: Penanganannya Dalam Konseling Individual. Guidance, 17(02), 9-20.
Alihusni, A. (2023). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PREMACK PRINCIPLE UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA SMP NEGERI 12 BAUBAU. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 106-112.
Amalia, A., & Rusdiana, J. (2023). Komodifikasi Privasi Di Channel Youtube Atta Halilintar Pada Konten Aurel Keguguran (Analisis Semiotika John Fiske) (Doctoral Dissertation, Uin Raden Mas Said).
Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Kustiawan, A. A., Or, M., Utomo, A. W. B., & Or, M. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Cv. Ae Media Grafika.
Mulyati, T., & Frieda, N. R. H. (2019). Kecanduan smartphone ditinjau dari kontrol diri dan jenis kelamin pada siswa SMA Mardisiswa Semarang. Jurnal Empati, 7(4), 1307-1316.
Nasrudink K.H Dampak Higgs Domino Dalam Masyarakat Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman Web: Jurnal.Iain-Padangsinampuan.Ac.Id/Index.Php/Tz/ Vol. 07 No 2 Desember 2021
Ni Pipi Suwardani, dkk. 2014.”Penerapan Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas VIII B3 SMP Negeri 4 Singaraja”. eJurnal Undiksha, Volume 2, Nomor 1.
Putra, R. P., & Husniah, W. O. (2023). PERAN KONSELING INDIVIDUAL DALAM MENANGANI DAMPAK PERILAKU TOXIC RELATIONSHIP DALAM PERTEMANAN. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 2(01), 93-97.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.
Rukaya, R., Ulfa, M., & Edison, E. (2022). EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(01), 29-37.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D
.Tribunnews.Com. 2014. Ada 25 Juta Orang Indonesia Doyan Game Online. Dalam Anjungroso, F (Ed.) Jakarta: Tribunnews. (Online). Diakses Pada Tanggal 9 September 2018
Tyas, A. D. A., & Adi, P. N. (2023). Peran Orang Tua Terhadap Moral Menyimpang Remaja Akibat Fenomena Chip Dalam Game Higgs Domino. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 105-115.
Ulfa, M., Taherong, R., & Arifin, A. (2024). Menurunkan Prokrastinasi Akademik Siswa Pasca Pandemic Covid-19 Melalui Konseling Kelompok Teknik Self Management. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 4450-4471.
Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas layanan konseling kelompok melalui teknik self management untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa kelas viii smpn 1 kapontori. Psikologi Konseling, 12(1), 120-132.