EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK TEKNIK BEHAVIORAL REHEARSAL UNTUK MENGURANGI KECEMASAN SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BATAUGA
Keywords:
Konseling Kelompok, Kecemasan Sosial, Behavioral RehearsalAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji konseling kelompok teknik behavioral rehearsal untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah keefektivan konseling kelompok teknik behavioral rehearsal untuk mengurangi kecemasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batauga. Metode penelitian menggunakan experimental dengan desain penelitian Quasi Experimental Design: non-equivalent control group design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini 40 siswa, yang terdiri 2 kelas yaitu kelas VIIIA 21 siswa dan VIIIB 19 siswa, Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 16 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sampel T Test.
Penelitian ini menghasilkan: 1) Profil umum perilaku kecemasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batauga; 2) Hasil uji Paired Sampel T Test 0.000 pada taraf signifikan nilai 0.05 (p<0.05) menggunakan soffware SPSS 21.0; 3) kecemasan sosial siswa mengalami penurunan; 4) konseling kelompok teknik behavioral rehearsal terbukti efektif untuk mengurangi kecemasan sosial siswa. Adapun hasil penelitian ini dibagi kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dosen pembimbing dan peneliti selanjutnya
Downloads
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2, p. 213). Pustaka Pelajar.
Erford, B. T. (2017). 40 Teknik yang Harus Diketahui Konselor (Edisi Kedu). Pustaka Pelajar.
Husniah, W. O., & Ulfa, M. (2019). Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Semester Melalui Konseling Kelompok Gestalt. Psikologi Konseling, 15(2), 531–544.
Sadif, R. S., & Ulfa, M. (2021). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Kebersyukuran Masyarakat Dimasa Pandemik Covid-19. Jurnal Edukasi Cendekia, 5(1), 1–8.
Saman, A., Aryani, F., & Bakhtiar, M. I. (2017). MENGATASI KECEMASAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL REHEARSAL. Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 “Pendidikan Berkualitas Membangun Daya Saing Bangsa Menuju Keunggulan Kompetitif,” 320–326.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.