EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN KECEMASAN AKADEMIK SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 SATAP TALIABU TIMUR SELATAN
Keywords:
Bimbingan Kelompok, Kecenderungan kecemasan akademikAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi kecenderungan kecemasan akademik yang dialami oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif metode eksperimen pre-experimental dengan desain one group pretest posttest. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 4 Satap Taliabu Timur Selatan sejumlah 22 siswa dan jumlah sampel 8 siswa dengan teknik pengambilan sampel melalui sampling purposive yang memiliki kecenderungan kecemasan akademik yang tinggi. Pengumpulan data menggunakan skala kecemasan akademik. Teknik analisis data dengan menggunakan uji wilcoxon.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan: (1) secara umum, dari 22 siswa kelas VIII, 8 siswa berada pada kategori kecemasan akademik tinggi atau berkisar 36.4% dari jumlah tersebut memiliki kecenderungan kecemasan akademik yang tinggi. Namun setelah proses bimbingan kelompok, 8 siswa yang memiliki kecemasan akademik mengalami penurunan pada kategori sedang dan rendah, yang berarti para siswa telah memiliki kecenderungan kecemasan akademik yang baik; (2) Bimbingan kelompok mampu menurunkan kecenderungan kecemasan akademik siswa dan efektif untuk dilakukan, karena siswa telah mengalami perubahan sikap dan perilaku yang baik seperti siswa mulai rileks dan tenang mengerjakan, memaparkan dan mengumpulkan tugas-tugas, mulai jarang dan berkurang keringat saat ditunjuk ataupun ditanya terkait materi pelajaran, tidak panik dan tidak terbata-bata saat menjelaskan dan mempersentasikan materi atau menjawab pertanyaan, detak jantung mulai normal ketika mengahdapi kesulitan dalam mengerjakan dan menyelesaikan tugas-tugas serta mulai fokus dan konsentrasi dengan penjelasan materi dari guru. Bimbingan kelompok dengan 7 kali pertemuan telah mampu menurunkan kecenderungan kecemasan akademik siswa secara persentasi dari 8 sampel penelitian, 5 siswa atau 67.5% pada kategori rendah dan 3 siswa atau 32.5% pada kategori sedang, dengan Sig (2-tailed) sebesar 0.012 < 0.05 atau (p<0.05), yang berarti ada perbedaan kecemasan akademik sebelum pretest dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok (posttest).
Downloads
References
Alvin Nur Muhammad Azyz, M. Qomarul Huda, & Luthfi Atmasari. (2022). School Well-Being Dan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 18–35. https://doi.org/10.30762/happiness.v3i1.350
Banks, J., & Smyth, E. (2015). Your whole life depends on it’: academic stress and high- stakes testing in Ireland. Journal of Youth Studies, 18(5), 598-616.
Deb, S., Strodl, E., & Sun, J. (2015). Academic Stress and Mental Health Among High School Students. International Journal of Psychology and Behavioral Sciences, 5(1), 26–34. https://doi.org/10.5923/j.ijpbs.20150501.04
Dijkstra, P., Kuyper, H., & Zee, Y. G. van der. (2008). Social Comparison in the Classroom: A Review. American Educational Research Association, 78(4).
Farida, A. N., & Moesarofah. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RESTRUKTURINGKognitif Dalam Konseling Kelompok Terhadap Kecemasan Akademik Siswa Kelas VII SMPN 48 Surabaya. Jurnal Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 171–177.
Husniah, W. O., & Ulfa, M. (2019). Mengurangi Kecemasan Siswa Dalam Menghadapi Ujian Semester Melalui Konseling Kelompok Gestalt. Psikologi Konseling, 15(2), 531–544. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/Konseling/article/view/16204
Lintang, F. D. P. N. (2022). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kecemasan Akademik Pada Siswa. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.
Luthar, S. S., & Becker, B. E. (2003). Privileged but Pressured? A Study of Affluent Youth. Child Development, 74(1).
Mugiarso, H., Setyowani, N., & Tedra, L. B. (2018). Self-efficacy dan persistensi mahasiswa ketika mengerjakan skripsi ditinjau dari kecemasan akademik. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 171. https://doi.org/10.26539/1370
Prasetyaningtyas, W. E., Rangka, I. B., Folastri, S., & Sofyan, A. (2022). Kecemasan Akademik Siswa di Sekolah: Suatu Tinjauan Singkat. Journal of Learning and Instructional Studies, 2(3).
Pratama, Z. A., Rasimin, Yaksa, R. A., Nelyahardi, Sutja, A., & Yusra, A. (2022). Upaya Mengurangi Tingkat Kecemasan Belajar Siswa Dalam Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Pendidikan Tematik, 3(1).
Pratiwi, E. P., Hanim, W., & Badrujaman, A. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas X Smk Negeri 26 Jakarta. Insight Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 114–129. https://doi.org/10.21009/insight.062.01
Qudsyi, H., & Putri, M. I. (2016). Self-efficacy and Anxiety of National Examination among High School Students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 217, 268–275. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.02.082
Russell, J., Rosenthal, D., & Thomson, G. (2010). The international student experience: three styles of adaptation. Higher Education, 60, 235–249.
Sadif, R. S., & Ulfa, M. (2021). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Kebersyukuran Masyarakat Dimasa Pandemik Covid-19. Jurnal Edukasi Cendekia, 5(1), 1–8.
Shobabiya, M., & Prasetyaningrum, J. (2017). Konseling Kognitif untuk Mengurangi Kecemasan Akademik pada Siswa SMP kelas 7. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu Di Era Revolusi Informasi, 223–230.
Suarti, N. K. A., Astuti, F. H., Gunawan, I. M., Ahmad, H., & Abdurrahman. (2020). Layanan Informasi Dalam Rangka Meminimalisir Kecemasan Akademik Siswa. Jurnal Pengabdian UNDIKMA: Jurnal Hasil Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 1(2), 111–117.
Sulistiyani, A., Suharno, A., & Setiawan, A. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KELAS 11. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.26877/empati.v6i1.4108
Ul Rehman, A. (2016). Academic Anxiety among Higher Education Students of India, Causes and Preventive Measures: An Exploratory Study. International Journal of Modern Social Sciences, 5(2), 102–116. https://www.researchgate.net/publication/303918537
Young, D. J. (1991). Creating a Low-Anxiety Classroom Environment: What Does Language Anxiety Research Suggest? The Modern Language Journal, 75(4), 426–439.
.