ANALISIS KONSEP DIRI PADA ANAK SPEECH DELAY USIA 5 TAHUN DI KELURAHAN WABOROBO DAN PENANGANANNYA

Authors

  • Yunita Mardianti Ahyia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Husniah Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Konsep Diri, Speech Delay

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui perkembangan konsep diri anak usia dini, Untuk mengetahui konsep diri yang dimiliki anak yang mengalami Speech Delay, serta Untuk mengetahui penanganan dalam meningkatkan konsep diri positif anak yang mengalami Speech Delay melalui layanan bimbingan dan konseling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Subyek dalam penelitian merupakan seorang anak usia dini berusia 5 tahun yang tinggal di Kelurahan Waborobo yang mengalami Speech Delay

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., Mada, U. G., Hardani, S.Pd., M. S., Nur Hikmatul Auliya, G. C. B., Helmina Andriani, M. S., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Beaty, J. J. (2013). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini (A. K. Anwar (ed.)). Kencana.

Desmita.(2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya

Fauzia, W. (2021). Konsep Diri Dan Kelekatan Anak: Konsep Diri Dan Kelekatan Anak Yang Diasuh Oleh Ibu, Keluarga Dekat Dan Pengasuh Lain. Jurnal al-Shifa Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 1-10.

Herlina, U. (2015). Teknik role playing dalam konseling kelompok. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1), 94-107.

Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1(First). Erlangga

Hutami, E. P., & Samsidar, S. (2018). Strategi komunikasi simbolik speech delay pada anak usia 6 tahun di TK Paramata Bunda Palopo. Tunas Cendekia: Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 39-43

Kurnia, L. (2020). Kondisi Emosional Anak Speech Delay Usia 6 Tahun di Sekolah Raudhatul Athfal An-Najat Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. E-JURNAL AKSIOMA AL-ASAS, 1(2).

Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi.

Nasution, H. S., Ag, S., & Pd, M. (2019). Buku Bimbingan dan Konseling Komplit (Hidayat Rahmat (ed.)). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Pane, E. T. T., & Siagian, S. (2014). Pengaruh metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 7(1), 35-45.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Ahyia, Y. M., & Husniah, W. O. (2022). ANALISIS KONSEP DIRI PADA ANAK SPEECH DELAY USIA 5 TAHUN DI KELURAHAN WABOROBO DAN PENANGANANNYA. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(02), 42–46. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/3661