EFEKTIVITAS BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK MODELLING SIMBOLIC UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 WANGI-WANGI SELATAN KABUPATEN WAKATOBI
Keywords:
Modeling simbolik, Interaksi sosialAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, mengetahui dan menguji efektifitas teknik modeling simbolik dalam meningkatkan interaksi sosial siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, Metode penelitian Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini sebanyak 124 siswa dengan lima kelas. Dua kelas digunakan untuk uji coba instrument penelitian dan tiga kelas digunakan untuk kelas penelitian. Pengambilan sampel melalui non probability sampling dengan teknik sampling purposive sebanyak 26 siswa yangmemiliki interaksi sosial pada kategori rendah. Hasil pretest dan posttest menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 dengan hasil tersebut menunjukan adanya perbedaan antara pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi p < 0,05. Hasil penelitian dan analisis data terbukti efektif, dan disimpulkan teknik modeling simbolik efektif meningkatkan interaksi sosial siswa
Downloads
References
Arumsari, C. (2016). Konseling Individual Dengan Teknik Modeling Simbolis Terhadap Peningkatan Kemampuan Kontrol Diri. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.549
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2, p. 213). Pustaka Pelajar.
Corey, G. (2013). Teori & Praktek Konseling dan Psikoterapi. In Refika Aditama.
Fahri, L. M., & Qusyairi, L. A. H. (2019). Interaksi Sosial dalam Proses Pembelajaran. Palapa, 7(1), 149–166. https://doi.org/10.36088/palapa.v7i1.194
Fitri, E. N., & Marjohan, M. (2016). MANFAAT LAYANAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PRIBADI SISWA. Jurnal Educatio (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).
Fitriani, R. (2019). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELLING SIMBOLIK UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.26877/empati.v6i2.4280
Lail, M. B., Zubaidah, S., & Nahar, S. (2017). PENGARUH POLA ASUH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP AKHLAK SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU NURUL AZIZI KOTA MEDAN. Edu Riligia, 1(4), 502–515.
Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajar anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.261
Nafingah, A. A. B., & Suroso, J. (2023). Pengaruh Behavior Skill Training Terhadap Interaksi Sosial Korban Bullying Di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 8(2).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Ulfa, M. (2018). Meningkatkan Perilaku Proposial Melalui Layanan Bimbingan Konseling Teknik Modelling. Jurnal Edukasi Cendikia, 2, 35–41.
Ulfa, M., Husniah, W. O., & Sofyan, S. (2022). Modelling Simbolik Untuk Meningkatkan Sikap Empati Siswa. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(4), 902–912.
Ulfa, M., & Nurdendis, L. O. (2023). Increasing Student Learning Interest with Multiple Modeling Techniques. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 7(2), 132–142.
Usman, I., Puluhulawa, M., & Smith, M. Bin. (2017). Teknik Modeling Simbolis dalam Layanan Bimbingan dan Konseling. PROCEEDING SEMINAR DAN LOKAKARYA NASIONAL REVITALISASI LABORATORIUM DAN JURNAL ILMIAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS KKNI.
Wati, R. D. (2018). Interaksi Sosial Siswa Slow Learner. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7(3), 266–273.
Wijayanti, D. N., & Kurniawan, K. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Teknik Modeling Simbolik Terhadap Self-Efficacy Pengambilan Keputusan Studi Lanjut. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 5(2).
Zaroh, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir Menggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan.
Zuhara, E. (2020). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN INTERAKSI SOSIAL SISWA. JURNAL EDUKASI-Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 41–57.