EFEKTIVITAS TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAUBAU
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji efektifitas teknik sosoiodrama dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, Metode penelitian Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini sebanyak 90 siswa dengan tiga kelas. Dua kelas digunakan untuk uji coba instrument penelitian dan satu kelas digunakan untuk kelas penelitian. Pengambilan sampel melalui non probability sampling dengan teknik sampling purposive sebanyak 9 siswa yangmemiliki kepercayaan diri pada kategori rendah. Hasil pretest dan posttest menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.004 < 0,05 dengan hasil tersebut menunjukan adanya perbedaan antara pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi p < 0,05. Hasil penelitian dan analisis terbukti efektif, dan disimpulkan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa
Downloads
References
Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sma Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2).
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2, p. 213). Pustaka Pelajar.
Ferlin, M., & Putri, L. D. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. LEARNING COMMUNITY Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(2), 118–123.
Hasibuan, R. E. (2018). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial oleh Siswa Kelas VIII MTs Amin Darussalam T.A. 2017/2018. [Negeri Medan]. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/29846
Latifah, Ismaniar, & Sunarti, V. (2018). Gambaran Penanaman Rasa Percaya Diri Anak Usia Dini Oleh Guru Di Lembaga Paud Adzkia III Kelurahan Korong Gadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. Jurnal Spektrum Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 51–57.
Lumongga, N. (2017). Konseling Kelompok (p. 254). Kencana.
Masturina, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 198–205. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4558
Sari, Yusmansyah, Utaminingsih. (2014). Pengaruh Teknik Sosiodrama untuk Peningkatan Perilaku Asertif Siswa. ALIBIKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(4), 1–16. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/8358
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Ulfa, M., & Kurniawan, U. T. (2021). Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Dalam Belajar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(2), 1-10.
Ulfa, M., & Husniah, W. O. (2020). Efektivitas Teknik Sosiodrama melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 5(1), 9–14.
Vanaja, Y., & Geetha, D. (2017). A study on locus of control and self confidence of high school students. International Journal of Research-Granthaalayah, 5(7), 598–602.
Vega, A. De, Hapidin, H., & Karnadi, K. (2019). Pengaruh Pola Asuh dan Kekerasan Verbal terhadap Kepercayaan Diri (Self-Confidence). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2).