EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DPIB SMKN 2 BAUBAU

Authors

  • Rizal Ahmad Universitas Muhammadiyah Buton
  • Unhaluddin T Kurniawan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Bimbingan kelompok, Field trip, Perencanaan Karir

Abstract

: Penelitian ini bertujuan  menguji efektifitas Bimbingan kelompok dengan metode Field trip untuk meningkatkan  keterampilan perencanaan karir siswa, Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, Metode penelitian Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini sebanyak 36 siswa dengan teknik sampling jenuh sebanyak 36 siswa. hasil pretest dan posttest menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 dengan hasil tersebut menunjukan adanya perbedaan antara pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi p < 0,05. Hasil penelitian dan analisis terbukti efektif meningkatkan  keterampilan perencanaan karir siswa dan dapat dijadikan informasi khususnya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan keterampilan perencanaan karir siswa dengan memanfaatkan metode tersebut..

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisah, L. (2015). Model Layanan Informasi Karir Dengan Teknik Field Trip Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Smk Di Kabupaten Demak. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1).

Ardiyanta, N., Latif, S., & Z, R. R. (2014). Meningkatkan Konsep Diri Positif Siswa Dengan Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok. ALIBIKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(2).

Husniah, W. O. (2014). Program Bimbingan Karir Melalui Pemanfaatan Media Weblog Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa: Studi Eksperimen Kuasi Terhadap Siswa Kelas X di SMA Negeri 4 Bandung Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Pendidikan Bandung. http://repository.upi.edu/7611/

Masturina, D. (2018). Pengaruh Kompetensi Diri Dan Kepercayaan Diri Terhadap Perencanaan Karir. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 198–205. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4558

Nafingah, A. A. B., & Suroso, J. (2023). Pengaruh Behavior Skill Training Terhadap Interaksi Sosial Korban Bullying Di Smp N 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 8(2).

Nurmaya, A. (2019). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Kota Bima. Guiding World, 2(1), 26–45.

Nursalim, M., & Naqiyah, N. (2010). Media bimbingan dan Konseling. Unesa University Press.

Putro, H. E., & Japar, M. (2019). Layanan Informasi Karier Berbasis Field Trip untuk Meningkatkan Pemahaman Karier Siswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 243–252.

Husniah, W. O., Ulfa, M., Sadif, R. S., & Sholehah, H. (2022). Layanan Informasi Karir Mengenal Minat Karier Holland Bagi Remaja Karang Taruna Desa Waraa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sabangka, 1(05 September), 191-196.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Ahmad, R., & Kurniawan, U. T. (2022). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK METODE FIELD TRIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERENCANAAN KARIR SISWA KELAS XI DPIB SMKN 2 BAUBAU. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(02), 53–58. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/3658