EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BEHAVIOR SKILL TRAINING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAUBAU
Keywords:
Behavior Skill Training, Perilaku Asertif, Konseling KelompokAbstract
Penelitian ini bertujuan menguji efektifitas Konseling kelompok dengan teknik Behavior Skill Training untuk meningkatkan perilaku asertif siswa, Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, Metode penelitian Pre-experimental design dengan one group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Baubau melalui teknik sampling pupossive dengan sampel penelitian 10 siswa. Hasil pretest dan posttest menunjukan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0,05 atau (p < 0,05), dengan hasil tersebut menunjukan adanya perbedaan antara pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan uji wilcoxon dengan taraf signifikansi p < 0,05.Hasil penelitian dan analisis melalui Konseling kelompok dengan teknik Behavior Skill Training terbukti efektif untuk meningkatkan perilaku asertif siswa dan dapat dijadikan sebagai informasi bagi guru bimbingan dan konseling dalam upaya meningkatkan perilaku asertif siswa melalui layanan konseling kelompok dengan memanfaatkan teknik Behavior Skill Training..
Downloads
References
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2, p. 213). Pustaka Pelajar.
Corey, G. (2013). Teori & Praktek Konseling dan Psikoterapi. In Refika Aditama. Refika Aditama.
Guna, T. La, & Ulfa, M. (2019). TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF SISWA DI SMA 1 MUHAMMADIYAH BAUBAU. Jurnal Edukasi Cendekia, 3(2).
Nafingah, A. A. B., & Suroso, J. (2023). Pengaruh Behavior Skill Training Terhadap Interaksi Sosial Korban Bullying Di SMP Negeri 1 Kaligondang Kabupaten Purbalingga. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 8(2).
Nasution, D. U. (2015). Efektivitas Behaviour Skill Training untuk Meningkatkan Asertivitas pada Korban Bullying. Universitas Sumatera Utara.
Rahayu, D., Rinawati, F., & Yunarsih, Y. (2023). EFEKTIVITITAS TEKNIK BEHAVIORAL SKILLS TRAINING (BST) DALAM PENINGKATAN KETRAMPILAN PENGENALAN TRAUMA CAPITIS. Jurnal Ilmu Kesehatan, 11(2).
Schaefer, J. M., & Andzik, N. R. (2021). Evaluating behavioral skills training as an evidence-based practice when training parents to intervene with their children. Behavior Modification, 45(6), 887–910.
Setyowati, P. A., & Dwikurnaningsih, Y. (2014). Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Kelas X Sma Kartika Iii-1 Banyubiru Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Satya Widya, 30(1), 8. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p8-16
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Ulfa, M. (2013). HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA, KONSEP DIRI, DAN PENYESUAIAN SOSIAL DENGAN PERILAKU ASERTIF SISWA SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN YOGYAKARTA. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan, 1(1), 1–17. http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/154502