EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE

Authors

  • Ridwan Rukaya UM. Buton
  • Maria Ulfa UM. Buton
  • Edison Edison UM. Buton

Keywords:

Bimbingan Kelompok, , Self Control, Game Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik self control dalam mengurangi kecenderungan kecanduan game online siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan desain penelitian pre-experimental design:one group pretest-posttest designdan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak59 siswadenganjumlah sampel sebanyak14 siswa.Teknik analisis menggunakan data nonparametric melalui uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 25.0 For Windows. Hasilmenunjukan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 00,2 < 0,05 atau (p < 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 di terima. Hasil penelitian dan analisis data melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self control efektif dalam mengurangi kecenderungan kecanduan dalam bermain game online siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Maria Ulfa, UM. Buton

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Edison Edison, UM. Buton

Program Studi Bimbingan dan Konselinng

References

Abnindanti F.A. dan Pratiwi, T.I (2020) Penerapan Cognitive Behavior Modification Teknik Sel Control Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik pada Peserta Didik di SMA Negeri 11 Surabaya. Jurnal BK UNESA: 11 (3) 2020

Afrianti, L. (2009). Perbedaan Tingkat Agresivitas Pada Remaja Yang Bermain Game Online Jenis Agresif dan Non Agresif.

Azwar, S. (2012a). Penyusunan Skala Psikologi. In Edisi 2 (p. 213). Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2012b). Penyusunan skala psikologi edisi II. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Edrizal, E. (2018). Pengaruh Kecanduan Siswa Terhadap Game Online (Studi Tentang Kebiasaan Siswa Bermain Game Online) Di SMP Negeri 3 Teluk Kuantan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6543

Maisaroh, D., Dharmayana, I.W., & Afriyati V. (2016). The effect of Self Control Through Group Counseling on Student Aggressive Behavior Tendency. Jurnal TRIADIK: Vol 1 (2) 2016

Martin, G., & Pear, J. (2019). Helping an Individual to Develop Self-Control 1. In Behavior Modification. https://doi.org/10.4324/9780429020599-29

Prasetiawan, H. (2016). KONSELING TEMAN SEBAYA (PEER COUNSELING) UNTUK MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.453

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. In Alfabeta. Alfabeta.

Van Rooij, A. J., Kuss, D. J., Griffiths, M. D., Shorter, G. W., Schoenmakers, T. M., & Van De Mheen, D. (2014). The (co-)occurrence of problematic video gaming, substance use, and psychosocial problems in adolescents. Journal of Behavioral Addictions. https://doi.org/10.1556/JBA.3.2014.013

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Rukaya, R., Ulfa, M., & Edison, E. (2022). EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(01), 29–37. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/2407