ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DISLEKSIA DAN PENANGANANNYA
Keywords:
Kesulitan belajar, DisleksiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca atau disleksia di SMP Negeri 13 Kota Bauabau. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Pangumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan: (1)Kesulitan belajar siswa disleksia yang dialami oleh siswa berkenaan dengan gangguan heterogen yang benar-benar mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan kemampuan dalam pendengaran, bicara, membaca dan menulis kondisi ini dialami karena berbagai faktor salah satunya kurangnya dukungan atau perhatian dari keluarga sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar, (2) Bentuk layanan konseling individual diberikan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa disleksiadalam proses pertumbuhan dan perkembangan serta mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi pada proses perkembangan, kehidupan sosial, pribadi, kognitif, emosional, dan fisik
Downloads
References
Anggraini, S. D. (2010). Efektivitas Penggunaan Metode Glenn Doman Dalam Bentuk Flashcard Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca Anak Cerebral Palsy Di Slb D Ypac Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 [Universitas Sebelas Maret].
Mulyono, Abdul lrham. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rajawali Press.
Jamaris, Martini. (2014). Kesulitan Belajar (Perspektif, Analisis, Asessment dan Penanggulangnnya. Bogor: Kencana
(Sugiyono) (2019). Metode Penelitian Kualitataif. Bandung: Alfabet
Sugiyono (2014) Cara Mudah Menyususn skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabet
Santy, Meita. (2015). Semua Hal yang harus diketahui tentang disleksia. Yogyakarta: Familia
Walgito, Bimo. (2009). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yogyakarta. Diakses dari http://mengenaldyslesia. Blogspot.com/2017/dislexia.htm.
Wardani Robikan (2012), Layanan Konseling Individual. Penerbit Gramedia: Jakarta