ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DISLEKSIA DAN PENANGANANNYA

  • Rornawati bode UM. Buton
  • Rosmawati Taherong UM. Buton
  • Tarno Tarno UM. Buton
Keywords: Kesulitan belajar, Disleksia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis siswa yang mengalami kesulitan belajar membaca atau disleksia di SMP Negeri 13 Kota Bauabau. Penelitian ini menggunakan model deskriptif kualitatif dengan jenis studi kasus. Pangumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh kesimpulan: (1)Kesulitan belajar siswa disleksia yang dialami oleh siswa berkenaan dengan gangguan heterogen yang benar-benar mengalami kesulitan dalam memahami dan menggunakan kemampuan dalam pendengaran, bicara, membaca dan menulis kondisi ini dialami karena berbagai faktor salah satunya kurangnya dukungan atau perhatian dari keluarga sehingga menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar, (2) Bentuk layanan konseling individual diberikan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa disleksiadalam proses pertumbuhan dan perkembangan serta mengantisipasi hal-hal yang akan terjadi pada proses perkembangan, kehidupan sosial, pribadi, kognitif, emosional, dan fisik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosmawati Taherong, UM. Buton

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Tarno Tarno, UM. Buton

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Published
2022-06-30