BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL SISWA

Authors

  • Wa Ode Yumna Universitas Muhammadiyah Buton
  • Wa Ode Husniah UM. Buton
  • Unhaluddin T Kurniawan UM. Buton

Keywords:

Token Economy, , Kecanduan Media Sosial

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji keefektifan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik token economy untuk mengurangi kecanduan media sosial siswa. Metode penelitian yang digunakan  penelitian kuantitatif dengan metode penelitian menggunakan experimental dengan desain penelitian Quasi Experimental Design: non-equivalent control group design. Populasi penelitian sebanyak 85 siswa dengan sampel sebanyak 24 siswa. Hasil  penelitian menjelaskan bahwa bimbingan kelompok teknik token economy efektiv untuk mengurangi kecanduan media sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Baubau, baik dalam aspek merasa asyik dengan media sosial, memerlukan waktu tambahan dalam pengunaan media sosial, tidak mampu mengontrol penggunaan media sosial dan merasa gelisah saat berusaha mengurangi penggunaan media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wa Ode Husniah, UM. Buton

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Unhaluddin T Kurniawan, UM. Buton

Program Studi UM. Buton

References

Ayllon, T. (1999). How to Use Token Economy and Point Systems (2nd ed.). Pro-Ed.

Fahrudin, A. (2012). Teknik ekonomi token dalam pengubahan perilaku klien (Token economy technique in the modification of client behavior). Jurnal Informasi, 17(3), 139–143.

Griffiths, M. (2001). Does Internet adn Computer “Addiction” Exist?: Some Case Study Evidence. Journal of Cyber Phisicology and Behaviour, 3, 211–218.

Hartinah, S., Sriati, A., & Kosasih, C. E. (2019). Gambaran Tingkat Gejala Kecanduan Media Sosial pada Mahasiwa Keperawatan Universitas Padjadjaran. Jurnal Keperawatan BSI, VII(1), 123–133.

Permatasari, I., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2019). Penggunaan Bimbingan Kelompok Teknik Self Management untuk Menurunkan Kecenderungan Nomophobia Siswa SMA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5).

Prayitno dan Emran Anti. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Rineka Cipta.

Rury, R. S., & Lukitaningsih. (2016). Implementasi Strategi Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Pandaan. BK Unesa, 6, 1–6.

Ulfa, M., & Sadif, R. S. (2019). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Token Economy. Psikologi Konseling, 15(2), 504–517. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/Konseling/article/view/16201

Young, K. S. (2004). Internet Addiction: The Emergence of A New Clinical Disorder. Cyber Psychology and Behavior, 1.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Yumna, W. O., Husniah, W. O., & Kurniawan, U. T. (2022). BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI TEKNIK TOKEN ECONOMY UNTUK MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL SISWA. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(01), 22–28. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/2350