EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU ASERTIF SISWA
Keywords:
Perilaku Asertif,, Bimbingan Kelompok, Teknik BainstormingAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang perilaku asertif siswa kelas IX SMP Negeri 18 Buton yang menunjukan sikap kurangnya perilaku asertif, dengan kecenderungan siswa berperilaku diam pada proses kegiatan belajar mengajar, tidak berani bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eskperimen one group pretest-posttest design. Metode penelitian ini menggunakan angket perilaku asertif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji wilcoxon menggunakan bantuan SPSS 25.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan penyebaran angket perilaku asertif pada pre-test adalah 90,62 masih dalam ketegori sedang dan setelah memberikan perlakuan dapat diperoleh skor rata-rata post-test adalah 141,05 dengan kategori tinggi. Hasil uji Wilcoxon pada hasil pre-test dan post-test menunjukan nilai sig.(2-teiled) sebesar 0,00 < 0,05 dengan nilai Z memperoleh -50,429. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik brainstorming sangat efektif dapat meningkatkan kemampuan perilaku asertif siswa. Hasil tersebut didukung juga dengan hasil observasi dan wawancara terhadap subjek yang menunjukan bahwa kemampuan siswa mampu mengungkapkan perasaannya secara jujur, mampu menyelesaikan masalah, mampu mengendalikan emosi, dan mengambil keputusan secara cepat dan tepat.