EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU ASERTIF SISWA

Authors

  • Sinta Amalia Universitas Muhammadiyah Buton
  • Edison Edison UM. Buton
  • Samsaifil Samsaifil UM. Buton

Keywords:

Perilaku Asertif,, Bimbingan Kelompok, Teknik Bainstorming

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang perilaku asertif siswa kelas IX SMP Negeri 18 Buton yang menunjukan sikap kurangnya perilaku asertif, dengan kecenderungan siswa berperilaku diam pada proses kegiatan belajar mengajar, tidak berani bertanya tentang materi pelajaran yang belum dipahami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan perilaku asertif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eskperimen one group pretest-posttest design. Metode penelitian ini menggunakan angket perilaku asertif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis uji wilcoxon menggunakan bantuan SPSS 25.0 For Windows. Hasil penelitian menunjukan penyebaran angket perilaku asertif pada pre-test adalah 90,62 masih dalam ketegori sedang dan setelah memberikan perlakuan dapat diperoleh skor rata-rata post-test adalah 141,05 dengan kategori tinggi. Hasil uji Wilcoxon pada hasil pre-test dan post-test menunjukan nilai sig.(2-teiled) sebesar 0,00 < 0,05 dengan nilai Z memperoleh -50,429. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik brainstorming sangat efektif dapat meningkatkan kemampuan perilaku asertif siswa. Hasil tersebut didukung juga dengan hasil observasi dan wawancara terhadap subjek yang menunjukan bahwa kemampuan siswa mampu mengungkapkan perasaannya secara jujur, mampu menyelesaikan masalah, mampu mengendalikan emosi, dan mengambil keputusan secara cepat dan tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Edison Edison, UM. Buton

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Samsaifil Samsaifil, UM. Buton

Program Studi Bimbingan dan Konseling

References

Amalia, R. F., & Keliat, B. A. (2018). Terapi Kelompok Asertif Efektif Meningkatkan Kemampuan Asertif dan Resiliensi Pada Remaja Di SMPN Padangpanjang. Jurnal Keperawatan Indonesia, 21(1), 60–68. https://doi.org/10.7454/jki.v21i1.509

Anggraeni, L. (2011). Pengenalan Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(2), 180–187.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hartati, H., Dimyati, M., & Herdi. (2016). Pengaruh Pelatihan Asertif Untuk Meningkatkan Asertifitas Terhadap Penyelahgunaan Narkoba (Single Subject Research Anak Didik Di Lapas Anak Pria Tangerang. Insight Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 1–5.

Indrawati. (2017). Pengaruh Metode Scaffolding Berbasis Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Mathematics Education, 1(1), 9–16.

Kartono. (2010). Patologi Sosial 2. Kenakalan Remaja. Jakarta: CV. Rajawali Expres.

Khafidhoh, I., Purwanto, E., & Awalya. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Modeling Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning Pada Siswa SMP N 13 Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 92–99.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya : Kata Pena

Lianasari, D., Japar, M., & Purwati. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Dengan Tehnik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(1), 6–10.

Meyanasari, S. (2017). Pengaruh Minat dan Cara Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X IPS MAN 1 Kota Magelang Tahun

Ajaran 2015/2016. Economic Education Analysis Journal, 6(2), 602–611.

Nurfaizal. (2015). Tehnik Assertive Training (AT) Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1), 57–69.

Purnamasari, M., Isman, J., & Damayanti, A. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Terhadap Konsep Bangun Ruang Materi Luas dan Volume Balok dan Kubus Menggunakan Metode Drill Sekolah SMP Islam Al-Ghazali Kelas VIII. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(1), 45–52.

Putri, R. M., & Wahyuni, T. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Asertif Siswa Di SMP Srijaya Negara. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 178–183.

Sriyanto, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74–88.

Wardani, N. S., Keliat, B. A., & Nuraini, T. (2012). Peningkatkan Kemampuan Asertif dan Penurunan Persepsi Melalui Assertive Training Therapy Pada Suami Dengan Resiko KDRT. Jurnal Keperawatan Indonesia, 15(1), 61–66

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Amalia, S., Edison, E., & Samsaifil, S. (2022). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU ASERTIF SISWA. Frame (Jurnal Ilmiah Mahasiswa), 1(01), 11–21. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/frame/article/view/2349