PENGARUH FAKTOR EKONOMI MIKRO TERHADAP PERTUMBUHAN PENJUALAN KENDARAAN DI KALLA TOYOTA CABANG BAUBAU
Keywords:
Ekonomi Mikro, Harga, Inflasi, Pertumbuhan PenjualanAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan inflasi terhadap pertumbuhan penjualan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan dengan cara dokumentasi yaitu memperoleh laporan penjualan dari objek penelitian dan mengumpulkan data-data lain yang berhubungan dengan penelitian ini. Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa harga berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan penjualan pada Kalla Toyota Cabang Baubau. Inflasi juga berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan penjualan pada Kalla Toyota Cabang Baubau. Dan secara simultan, kedua variabel independen tersebut yaitu harga dan inflasi berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan penjualan pada Kalla Toyota Cabang Baubau.
Downloads
References
Aisyah dan S. K. Yahya Hiola. 2017. Ekonomi Mikro. Makassar. CV. Inti Mediatama.
Andini, Febryanti. 2024. Pengaruh Inflasi, Ukuran Perusahaan dan Harga Terhadap Pertumbuhan Penjualan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (Jebma), 04(1), 438-452. Universitas Tanjungpura.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.
Budiarto. 2018. Ekonomi Mikro, Edisi 7. Jakarta. Salemba Empat.
Dinar dan Hasan. 2018. Ekonomi Mikro: Teori Dan Penerapannya. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Fahmi, Irham. 2017. Analisis Laporan Keuangan. Bandung. Alfabeta.
Girikalo, Adrianus S, Mahdalena dan A.F Udin. 2023. Buku Ajar Mikro Ekonomi. Malang. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup (Litnus).
Halim, Abdul. 2018. Teori Ekonomi, Edisi 3. Jakarta. Mitra Wacana Media.
Hery. 2017. Analisa Laporan Keuangan (Integrated And Comprehensive Edition). Jakarta. Grasindo.
Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler. 2019. Manajemen Pemasaran Edisi ke-13. Jakarta. Erlangga.
Kurnadi, Engkun dan N. Hernita. 2022. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Penjualan (Studi Pada Pedagang Di Kabupaten Majalengka). Jurnal Ekonomi dan Perkembangan Bisnis, 6(2), 24-31. Universitas Majalengka.
Mankiw, N. G. 2016. Principles of Economics (7th edition). Cengage Learning.
Maulana, M. Yusuf. 2022. Pengaruh Harga Dan Kualitas Terhadap Pertumbuhan Penjualan Di Kota Semarang. Skripsi. Universitas Semarang.
Prihadi, Toto. 2019. Analisis Laporan Keuangan Konsep dan Aplikasi. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rahman dan Widodo, H. 2022. Dinamika Permintaan, Penawaran, dan Harga dalam Pertumbuhan Penjualan Industri Makanan dan Minuman. Jurnal Bisnis Indonesia, 20(1), 101-115.
Sukirno, Sadono. 2018. Mikroekonomi: Teori Pengantar (Edisi Revisi). Jakarta. Rajawali Pers.
Sukirno, Sadono. 2021. Ekonomi Mikro: Pendekatan Dan Aplikasinya. Jakarta. Rajawali Pers.
Tambunan, T. 2017. Ekonomi Mikro (Edisi Ketiga). Jakarta. Salemba Empat.
Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta. Penerbit Andi.
Wijaya, David. 2017. Manajemen Keuangan Konsep dan Penerapannya. Jakarta. Grasindo.