PERBANDINGAN PENGELOLAAN KEUANGAN UMKM DI SEKTOR TRADISIONAL DAN DIGITAL
Keywords:
UMKM, Pengelolaan Keuangan, Digitalisasi, Nilai BudayaAbstract
Transformasi digital telah membawa perubahan signifikan dalam cara pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengelola keuangan. Namun, di tengah arus digitalisasi tersebut, masih banyak UMKM tradisional yang bertahan dengan sistem pengelolaan keuangan manual dan informal. Penelitian ini dilakukan untuk memahami perbedaan pengelolaan keuangan antara UMKM tradisional dan digital di Kota Baubau, serta mengidentifikasi faktor-faktor sosial, budaya, dan teknologi yang memengaruhi praktik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana praktik pencatatan keuangan dijalankan, faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendorong adopsi digital, serta bagaimana kesenjangan tersebut memengaruhi keberlanjutan usaha. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan dokumentasi visual. Informan terdiri dari dua pelaku UMKM: satu dari sektor tradisional dan satu dari sektor digital. Data dianalisis menggunakan teknik koding manual dan tematik, serta diverifikasi melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM tradisional masih menggunakan sistem pencatatan manual berbasis ingatan, tidak memisahkan keuangan pribadi dan usaha, serta minim akses terhadap teknologi. Sebaliknya, UMKM digital telah menerapkan aplikasi pencatatan keuangan, pembayaran non-tunai, dan pelaporan keuangan berkala. Faktor nilai lokal, literasi digital, dan pengalaman pelatihan memengaruhi pola pengelolaan tersebut. Temuan ini mempertegas bahwa pengelolaan keuangan UMKM tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan teknis, tetapi juga oleh struktur sosial dan nilai budaya yang melekat.
Downloads
References
Ainiyah, Z. (2025). Analisa Efektivitas Insentif Pajak Terhadap Kinerja Keuangan UMKM. RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Economy. https://journal.ilmudata.co.id/index.php/RIGGS/article/view/810
Assyamiri M., M. B. T. and T. (2024). Pengaruh Jam Kerja, Kompensasi, dan Pengalaman terhadap Kinerja melalui Motivasi sebagai Variabel Intervening. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/18975
Feni, M. (2021). Mengungkap Dampak COVID-19 pada UMKM Sektor Kuliner (Studi Kasus: UMKM Kuliner di Wilayah Rawamangun). http://repository.stei.ac.id/4853/4/BAB%202.pdf
Hanif, M. R. F. (2025). Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran Digital UMKM. Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/56346
Hartanti, M. F. P., Mardita, C. N., Tirta, M., Putra, A. R. A., & Setyaningrum, I. (2023). Literasi Pemasaran Digital dan Teknologi Keuangan Sebagai Sarana Peningkatan Omset UMKM di Probolinggo. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 113. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.922
Hasan A. and Kumalasari D. A., M. and D. (2021). Transformasi Digital UMKM Sektor Kuliner. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Politeknik Negeri Bali. https://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/2529
Huda E., N. and Z. (2020). Keterkaitan Perbankan Syariah dan UMKM di Indonesia. Jurnal Ekonomi YARSI. https://www.academia.edu/download/53737666/Dikta_Vol_7_N0_2.PDF
Imani, S. (2019). Analisis Kesejahteraan Maqashid Syariah pada UMKM. Al-Masraf: Jurnal Keuangan dan Perbankan. https://core.ac.uk/download/pdf/229197894.pdf
Khairani A. Y. and Panggabean W. N., N. and S. (2025). Pengaruh QRIS terhadap Efisiensi Operasional UMKM pada Era Transformasi Digital: Studi Literatur. Innovative: Journal of Social Studies and Research. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/19410
Kiswandi M. C. and Maulana A., F. R. P. and S. (2023). Peran UMKM terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen. https://www.ejurnal.kampusakademik.co.id/index.php/jiem/article/view/328
Kristiyanti, M. (2020). Peran Strategis UMKM dalam Pembangunan Nasional. Majalah Ilmiah Informatika, Universitas AKI. https://unaki.ac.id/ejournal/index.php/majalah-ilmiah-informatika/article/view/59/95
Kurniasih G., A. and P. (2025). Sejarah dan Perkembangan Pemikiran di Balik Operasional Lembaga Keuangan UMKM. Journal of Financial Economics and Technology. https://onlinejournal.penacceleration.com/index.php/fet/article/view/72
Kurniawan H. S., G. I. and H. (2024). Penguatan Kapasitas Pengelolaan Keuangan melalui Pelatihan Akuntansi Sederhana bagi Pelaku UMKM. Jurnal Dharma Bhakti Ekuitas. http://ojs.ekuitas.ac.id/index.php/dharma-bhakti/article/view/899
Larasati, R. C., Cindy, I. P., & Taqiyya, N. (2025). Optimasi Manajemen Kompensasi UMKM. GEMILANG: Jurnal. https://jurnal-stiepari.ac.id/index.php/gemilang/article/view/2466
Mahmud D., M. and N. (2025). Pengaruh E-Wallet terhadap Perilaku Konsumen dan Keberlanjutan Keuangan UMKM di Pasar Tradisional Daya Kota Makassar. YUME: Journal of Management and Entrepreneurship. https://www.journal.stieamkop.ac.id/index.php/yume/article/view/8172
Munthe M. and Siregar R., A. and Y. (2023). Peranan UMKM terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Manajemen. http://ejournal.lapad.id/index.php/jebmak/article/view/321
Nurina Saffanah, & Amir, W. (2022). Implementasi Fintech (E-Wallet) Dalam Mengembangkan Bisnis Bagi Pelaku UMKM Di Kota Makassar. JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan bisnis, Akuntansi, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.52300/jemba.v2i1.4322
Qomariah, L. (2025). Analisa Penerapan Pencatatan Akuntansi pada UMKM. JUSAPAK. https://www.journal.bukitpengharapan.ac.id/index.php/JUSAPAK/article/view/754
Rodrigues, M., Franco, M., & Silva, R. (2022). Digitalisation And Innovation In Smes: Influences On The Advantages Of Digital Entrepreneurship. International Journal of Innovation Management, 26(08). https://doi.org/10.1142/S1363919622500669
Romadoni, F. (2024). Peranan Produk Pembiayaan Syariah dalam Mendorong Pertumbuhan UMKM. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/13109
Royana, A. N. (2025). Pengembangan Aplikasi Web pada UMKM Digital. UPN Veteran Jawa Timur. https://repository.upnjatim.ac.id/id/eprint/37540
Setyastanto, A. M., Wikantari, M. A., Pamungkas, A. D., & Leksono, A. W. (2024). Sosialisasi Penggunaan E-Wallet Pada UMKM Di Objek Wisata Situ Rawa Besar Kota Depok. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bangun Cipta, Rasa, & Karsa, 3(2), 55–59. https://doi.org/10.30998/pkmbatasa.v3i2.2759
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Wahab, K., Mustamin, S. W., Nur, H. D., & Aliyah, S. (2025). Model Bisnis UMKM Syariah sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Dewantara. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jebd/article/view/2697
Zulkifli, M. A. (2025). Urgensi Perlindungan Hukum Atas Rahasia Dagang UMKM. UNES Law Review. https://www.review-unes.com/index.php/law/article/view/2459