PENGGUNAAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) DALAM MENGANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA DAGANG MEUBEL NUR SERA JATI DI KOTA BAUBAU

Authors

  • Hasni Hasni Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia
  • Nurul Fahira Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Buton, Baubau, Indonesia

Keywords:

Metode QSPM, Strategi Pemasaran, Penjualan

Abstract

Usaha Dagang Meubel Nur Sera Jati merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang produksi industri meubel seperti lemari, kursi dan meja. Permasalahan yang dihadapi Usaha Dagang Meubel Nur Sera Jati adalah tingkat penjualan dari tahun 2019 ke tahun 2020 menurun yang disebabkan oleh faktor internal dan eksternal perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan pada Usaha Dagang Meubel Nur Sera Jati dan bagaimana strategi pemasaran dengan menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix untuk meningkatkan penjualan pada Usaha Dagang Meubel Nur Sera Jati. Berdasarkan analisis matriks IFE diperoleh total skor yang dimiliki Usaha Dagang Meubel Nur Sera Jati sebesar 22,5, sedangkan analisis matriks EFE sebesar 18,37. Hasil matriks IE Usaha Dagang Meubel Nur Sera Jati berada di kuadran V dengan matriks IFE sebesar 22,5 dan EFE sebesar 18,37 yang berarti dapat diatasi perusahaan dengan cara melalui strategi menjaga dan mempertahankan yaitu pengembangan pasar produk dan penetrasi pasar. Analisis matriks SWOT menghasilkan 9 strategi yang dapat dipilih oleh Usaha Dagang Meubel Nur Sera Jati. Dan berdasarkan matriks QSPM alternatif strategi yang paling diusulkan adalah menjaga kualitas produk dengan skor TAS sebesar 11,25.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles