Studi Efektivitas Observasi Lapangan pada Aktivitas Lingkungan Belajar di Sekolah Dasar
Keywords:
Studi, Observasi Lapangan, Lingkungan BelajarAbstract
Hasil studi efektivitas observasi di Sekolah Dasar dapat memberikan manfaat yang besar bagi pengembangan metode pembelajaran. Dengan memahami pola dan hambatan yang terjadi dalam kelas, guru dapat merancang strategi yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan untuk mengetahui Studi Efektivitas Observasi Lapangan pada Aktivitas Lingkungan Belajar di SD. Metode persuasif dalam kegiatan Studi Efektivitas Observasi Lapangan pada Aktivitas Lingkungan Belajar di SD Negeri Waitii Barat bertujuan untuk membangun kesadaran akan pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Dengan melakukan observasi langsung, peserta dapat memahami bagaimana faktor-faktor seperti fasilitas, interaksi guru dan siswa, serta metode pembelajaran mempengaruhi efektivitas proses belajar. Studi efektivitas observasi lapangan di SD Negeri Waitii Barat mengevaluasi kontribusi apel pagi, proses pembelajaran, membersihkan halaman, dan membaca di perpustakaan terhadap disiplin, kebersihan, dan minat baca siswa. Hasil observasi menunjukkan bahwa apel pagi membangun kedisiplinan, metode pembelajaran interaktif meningkatkan pemahaman, serta kegiatan membersihkan halaman menanamkan tanggung jawab dan kebersamaan. Membaca di perpustakaan terbukti meningkatkan literasi, meski terkendala keterbatasan koleksi buku. Optimalisasi sarana dan metode inovatif diperlukan untuk meningkatkan efektivitas kegiatan ini.