Sosialisasi Manajemen Program Ekonomi Kreatif dalam Pendidikan Islam melalui Video Pembelajaran di Sekolah Dasar

Authors

  • Madi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Maudin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamasiah Polteknik Baubau

Keywords:

Program Ekonomi Kreatif, Pendidikan Islam, Video Pembelajaran

Abstract

Manajemen program ekonomi kreatif dalam pendidikan Islam menjadi langkah strategis dalam menciptakan peserta didik yang tidak hanya memahami nilai-nilai keislaman, tetapi juga memiliki keterampilan kewirausahaan yang inovatif. Dengan pendekatan visual dan audio yang menarik, peserta didik dapat memahami bagaimana ekonomi kreatif dapat dikembangkan dalam lingkungan pendidikan Islam, baik melalui pengelolaan usaha berbasis syariah, produk halal, maupun bisnis kreatif yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah metode audiovisual, dan praktik langsung. Metode audiovisual dilakukan dengan menampilkan video pembelajaran yang telah disiapkan, sehingga siswa lebih mudah memahami konsep ekonomi kreatif dalam pendidikan Islam secara menarik dan tidak membosankan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa persiapan materi dan video pembelajaran dalam sosialisasi Manajemen Program Ekonomi Kreatif dalam Pendidikan Islam di Sekolah Dasar dapat dilakukan dengan menyusun materi yang relevan dan menyusun video pembelajaran yang interaktif serta menarik untuk siswa. Selanjutnya, pelaksanaan sosialisasi di kelas berlangsung dengan menggunakan metode yang mudah dipahami oleh siswa, diikuti dengan diskusi dan tanya jawab untuk memastikan pemahaman materi. Terakhir, evaluasi dan tindak lanjut dilakukan dengan mengukur pemahaman siswa melalui kuis atau ujian singkat serta memberikan arahan kepada guru untuk menerapkan konsep-konsep manajemen ekonomi kreatif dalam pembelajaran selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-28