Pemanfaatan Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan dalam Peningkatan Mutu Pengajaran

Authors

  • Abdul Rahim Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Yusnan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Sumiati Sumiati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Silvia Maharani Universitas Muhammadiyah Buton
  • Waode Selfianti Universitas Muhammadiyah Buton
  • Krisnawati Krisnawati Universitas Muhammadiyah Buton

DOI:

https://doi.org/10.35326/wakaaka.v1i1.3353

Keywords:

Program, Pendampingan Mahasiswa, Kegiatan, PLP

Abstract

Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan merupakan salah satu program Pengabdian masyarakat yang dilakukan di SD Negeri 3 Lamangga yang bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam meningkatkan dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dengan kemampuan berpikir kritis yang tinggi. Dalam Kegiatan pengabdian ini mahasiswa akan melakukan observasi/pengamatan langsung terhadap budaya sekolah, pengamatan proses pembelajaran dikelas, mengembangakan perangkat pembelajaran dan melakukan kegiatan Praktik mengajar. Program ini dapat terealisasikan karena adanya kerja sama dengan kepala sekolah dan guru serta staf SD Negeri 3 Lamangga yang turut membimbing mahasiswa dalam melakukan kegiatan ini. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan tahap analisis hasil dan refleksi. Hasil pengabdian di SD Negeri 3 Lamangga ini menunjukkan bahwa mahasiswa siap mengajar dengan indikator pencapaian yang sangat baik dengan nilai bobot 1.083 dengan nilai rata-rata sebesar 90,25. Indikator yang ditetapkan melalui penilaian pengembangan perangkat pembelajaran, kompetensi kepribadian dan sosial, serta penilaian pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa kompetensi akademik yang didapatkan di kampus dapat diterapkan dengan baik di lapangan persekolahan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-31