Analisis Pemilihan Moda Transportasi Berbasis Online dan Konvensional di Kota Baubau

  • Bagas Yusuf Arla Universitas Muhammadiyah Buton
  • Ahmad Efendi Universitas Muhammadiyah Buton
  • Muhammad Chaiddir Hajia Universitas Muhammadiyah Buton
Keywords: Pemilihan Moda Transportasi, Online dan Konvensional, Kota Baubau

Abstract

Kota Baubau merupakan sebuah kota dipulau buton yang sedang mengalami pertumbuhan dan pergerakan yang sangat pesat salah satunya perdagangan, bisnis, industri, pelabuhan dan masih banyak lagi.Jumlah sampel sebanyak 97 orang. Dari hasil penelitian jarak mengunakan taksi konvensionalĀ  sebanyak 37 orang (38.14%) dan taksi online sebesar 60 orang (61.86%) dan tarif dengan mengunakan taksi konvensional sebebanyak 25 orang (25.78%) dan taksi online 72 orang (74.22%). Kemudahan mendapatkan moda, (merupakan kemudahan mengakses suatu moda yang diinginkan) yang mengunakan Taksi konvensional 32 orang (32.99%) dan Taksi online 65 orang (67.01%),Kualitas pelayanan (kenyamanan) yang mengunakan Taksi konvensional 32 orang ( 32.99%) dan Taksi online 65 orang (67.01%).Perbandingan antara pemilihan moda mengunakan taksi online dan konvensional berdasarkan jarak yang lebih banyak digunakanĀ  yaitu taksi online sebesar 60 0rang (61.86%) dibandingkan dengan taksi konvensional sebesar 37 orang (38.14%),tarif yang paling banyak digunakan yaitu taksi online sebesar 72 orang (74.22%) dibandingkan taksi konvensional sebesar 25 orang (25,78%), dilihat dari kemudahan mendapatkan moda taksi online yang paling banyak dipilih sebesar 65 orang (67.01%) dibandingkan taksi konvensional sebesar 32 orang ( 32,99%) dan kualitas pelayanan taksi online yang paling banyak dipilih sebesar 65 orang (67,01%) dibandingkan dengan taksi konvensional sebesar 32 orang (32.99%).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-06-22
How to Cite
Arla, B. Y., Efendi, A., & Hajia, M. (2022). Analisis Pemilihan Moda Transportasi Berbasis Online dan Konvensional di Kota Baubau. SCEJ (Shell Civil Engineering Journal), 7(1), 34-40. https://doi.org/10.35326/scej.v7i1.2127