Penerapan Metode Drill Berbasis Media Gambar Untuk Meningkatkan Kterampilan Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 115 Buton

Authors

  • Nurafni Nurafni Universitas Muhammadiyah Buton
  • Safiudin Safiudin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kosilah Kosilah Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Metode Drill, Media Gambar, Keterampilan Bercerita

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana meningkatkan keterampilan bercerita siswa berbasis media gambar dengan menerapkan metode drill kelas III SD Negeri 115 Buton. Hal ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam bercerita, serta kesulitan siswa dalam mengungkapkan isi pikirannya kedalam bentuk kata dan kalimat. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian di kelas III SDN 115 Buton berjumlah 11 siswa yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar dengan menerapkan metode drill dapat meningkatkan keterampilan bercerita. Pada tahap Prasiklus persentase ketuntasan sebanyak 4 siswa (36,36%) dan yang belum mencapai KKM yaitu 7 siswa (63,63%) dengan rata-rata 45,59. Pada siklus I persentase ketuntasan siswa sebanyak 5 siswa (45,45%) dan yang belum mencapai KKM yaitu 6 siswa (54,54%) dengan rata-rata 53,3. Pada siklus II telah mencapai persentase ketuntasan sebanyak 8 siswa (72,72%) dan yang belum mencapai KKM yaitu 3 siswa (27,27%) dengan rata-rata (66,53). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas III SD Negeri 115 Buton.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01