Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS di Sekolah Dasar
Keywords:
Media Audio Visual, Hasil Belajar, IPASAbstract
Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh menggunakan media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran IPAS dengan materi kekayaan budaya Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penilitian pre-eksperimental design dengan bentuk one grup pretest-posttest design. Pengambilan sampel yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan teknik sampling jenuh atau biasa disebut sensus, hal ini dilakukan bila jumlah populasi kurang dari 30 orang. Sampel penelitian kelas IV (kelas eksperimen) sejumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal untuk pretest dan 10 soal untuk posttest. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas yang menggunakan uji Shapiro-Wilk, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan T-test. Setelah semua pengujian dilakukan dapat diperoleh nilai sig sebesar 0.001 lebih kecil dari sig 0.05, yang berarti hipotesis Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV SD Negeri 7 Mawasangka Tengah.