Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas IV dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
Keywords:
Motivasi Belajar, Kurikulum Merdeka, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini didasari oleh adanya perbedaaan motivasi belajar pada setiap diri siswa ditambah lagi adanya penerapan kurikulum merdeka yang membawa suatu perubahan yang cukup signifikan dalam pendekatan pembelajaran hingga membutuhkan adaptasi dari guru maupun siswa terkait kekompleksan struktur dan tata cara pelaksanaannya yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa kelas IV dalam penerapan kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 6 Buton. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 6 Buton dapat dikatakan cukup beragam, terdapat siswa yang memiliki motivasi cukup tinggi dan terdapat pula siswa yang kurang termotivasi dalam belajar, namun dengan adanya kurikulum merdeka memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengeksplorasi kemampuannya dalam memecahkan masalah hingga mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari, memicu ketertarikan siswa, kepercayaan diri, semangat dan motivasi hingga kepuasan dalam menerima pelajaran pada kegiatan belajar mengajar. Selain itu, terdapat dua faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu (1) Faktor internal yaitu minat. (2) Faktor eksternal yaitu orang tua dengan presentase tinggi dibanding dengan faktor internal lainnya.