Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Negeri 2 Kaobula

Authors

  • Ainal Yakin Swadana Universitas Muhammadiyah Buton
  • Irwan Irwan Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Manajemen Kelas, Motivasi, Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Kaobula. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto, disebut penelitian expost facto karena peneliti berhubungan dengan variabel yang telah terjadi dan tidak perlu memberikan perlakuan terhadap variabel yang akan diteliti. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui penyebaran angket terhadap siswa kelas tinggi yaitu kelas IV, V dan VI. Sebelum data di uji hipotesis terlebih dahulu data di uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linearitas data menggunakan bantuan IBM statistik SPSS versi 29. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai Thitung sebesar 3,236 > Ttabel 2,0484 yang mengandung pengertian terdapat pengaruh yang signifikan antara manajemen kelas terhadap motivasi belajar siswa. Pada uji koefisien determinasi (R Square) =0,272 yang artinya besar pengaruh manajemen kelas terhadap motivasi belajar Siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Kaobula adalah sebesar 27,2%, sedangkan 72,8% nya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01