Implementasi Kurikulum Merdeka di SD Negeri 1 Sandang Pangan Kabupaten Buton

Authors

  • Intan Intan Universitas Muhammadiyah Buton
  • Suardin Suardin Universitas Muhammadiyah Buton
  • Samritin Samritin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Implementasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Dasar

Abstract

kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Sandang Pangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memaparkan hasil penelitian yang dilakukan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subyek penelitian yang dijadikan informan atau narasumber adalah stake holder dalam proses implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Sandang Pangan Kabupaten Buton Selatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dimulai dari observasi, wawancara dan dokumentasi, menjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Sandang Pangan masi di kategorikan kurang sekalipun dalam perencanaan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP) murni dari tim perumus KOSP SD Negeri 1 Sandang Pangan, akan tetapi pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi pada perangkat ajar, P5 dan pembelajaran berdiferensiasi masih terdapat kekurangan seperti sarana prasarana yang belum terlalu memadai dalam mendukung implementasi kurikulum merdeka, danĀ  dari perangkat ajar dan P5 yang secara khusus belum memiliki tim perumus dan dalam perencanaanya juga yang belum murni dari tim perumus perangkat ajar dan P5 melainkan masih mengambil dari contoh dokumen di PMM dan buku guru.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01