Hubungan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Tinggi di MIS Jal Nur Liabuku Kota Baubau

Authors

  • Diana Safila Universitas Muhammadiyah Buton
  • Didin Adri Universitas Muhammadiyah Buton
  • Rimayasari Rimayasari Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Motivasi, Belajar, HasilBelajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas tinggi di MIS Jabal Nur Liabuku Kota Baubau. Jenis penelitian ini adalah ex-postfacto korelasi yang dianalisis secara kuantitatif.  Sampel pada penelitian ini berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan soal tes. Teknik validasi menggunakan validasi ahli. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil penelitiannya menunjukan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas tinggi di MIS Jabal Nur Liabuku Kota Baubau. Hal ini dapat dilihat dari hasil data uji hipotesis dengan menggunakan uji Paired Sample T Test, diperoleh nilaii df= 47, nilai t hitung = 5, 415 dan nilai Sig. (2-tailed) = 0,000. Karena nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung = 5,415 > t tabel= 1,677. Maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa mempunyai hubungan yang masih rendah, hal ini telihat dari data yang menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa 64,5% berada pada kategori sedang yang artinya masih kurang kondusif sedangkan hasil belajar matematika siswa 58% berada pada kategori rendah. Hal ini dapat dikatakan bahwa jika motivasi belajar masih kurang kondusif maka hasil belajar akan menjadi rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01