Pojok Baca Taman Literasi dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa Kelas V SD Negeri Mole
Keywords:
Pojok Baca, Taman Literasi, Minat BacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memaksimalkan pojok baca taman literasi dalam meningkatkan minat baca pada siswa kelas V SD Negeri Mole. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 18 siswa, 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, pemaparan data serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kondisi minat baca siswa terbilang rendah. Hal ini ditunjukkan pada sedikitnya siswa yang memiliki kegemaran membaca dan sebagian besar siswa kelas mereka tidak suka mengisi waktu luangnya dengan membaca. (2) pojok baca taman literasi terhitung belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh penataan pojok baca yang kurang rapi sehingga menjadikan pojok baca kurang menarik serta guru belum mengajak siswa untuk berperan aktif dalam pojok baca sebagai sumber belajar, sumber rujukan serta tempat siswa membaca di waktu luang. (3) Faktor pendukung dalam pojok baca taman literasi pada siswa diantaranya adanya dukungan dari pihak-pihak terkait, antusiasme siswa yang cukup baik, partisipasi aktif orang tua siswa, kerjasama dengan beberapa lembaga dan keberadaan pojok baca membantu perpustakaan dalam menyediakan buku bacaan untuk siswa.