Keefektifan Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Negeri 1 Baadia Kota Baubau
Keywords:
Keefektifan, Implementasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan implementasi kurikulum merdeka belajar di Sekolah Dasar negeri 1 Baadia Kota Baubau. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan memaparkan hasil penelitian yang dilakukan. Penentuan subyek penelitian ini menggunakan metode purposive sampling yang Dimana subyek penelitian ini adalah adalah stake holder internal Sekolah Dasar Negeri 1 Baadia dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain observasi, dokumentasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 1 Baadia dikategorikan cukup efektif, dimana proses penelitian ini dimulai dengan melakukan observasi, dokumentasi, kemudian melakukan wawancara terhadap kepala sekolah, guru, mitra sekolah, orang tua, dan siswa. Hasil penelitian keefektifan implemnetasi kurikulum merdeka di Sekolah Dasar Negeri 1 Baadia Kota Baubau dapat diambil kesimpulan bahwa dikategorikan cukup efektif yang dilihat atau ditujukan pada aspek Konsep KOSP (Kurikulum operasional satuan pendikan), Konsep perangkat ajar, konsep P5 dan konsep pembelajaran berdiferensiasi (Sesuai kebutuhan dan tahap belajar peserta didik). Untuk melihat atau mengukur keefektifanya maka menggunakan pola manajemen dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi/refleksi.