Analisis Tingkat Kesukaran Butir Soal Penilaian Tengah Semester pada Pelajaran PPKn di Kelas V SD Negeri 1 Baadia

Authors

  • Dina Sukmawati Universitas Muhammadiyah Buton
  • Kamarudin Kamarudin Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Analisis, Tingkat Kesukaran, Butiran Soal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesukaran soal penilaian tengah semester pada pelajaran PPKn di kelas V SD Negeri 1 Baadia. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini ialah seluruh peserta didik di kelas V sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan berupa dokumentasi. Data dianalisis menggunakan aplikasi Anates V4. Hasil penelitian menunjukan bahwa Analisis terhadap butir soal dari ujian penilaian tengah semester pada pelajaran PPKn kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Baadia tahun ajaran 2023/2024 dilihat dari aspek tingkat kesukaran, peneliti menemukan bahwa bahwa dari 20 butir soal terdapat 14 butir soal mudah (70%) dan 6 butir soal sedang (30%). Hal tersebut tidak sejalan dengan pembagian antara tingkat kesukaran soal tersebar secara normal, dan merata. Dalam perhitungan proporsi untuk soal dapat diatur soal sukar 15%, soal sedang 70%, soal mudah 15%. Berdasarkan perbandingan antara proporsi soal yang baik dan hasil penelitian, maka tingkat kesukaran soal tersebut masih kurang baik dan perlu perbaikan karena hanya memiliki 30% soal dengan kategori sedang dan bahkan tidak memiliki kategori sukar.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01