Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar

Authors

  • Ferni Universitas Muhammadiyah Buton

Keywords:

Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada mata Pelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Wajo Kota Baubau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus, dimana tiap siklusnya terbagi atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dan objek penelitian ini adalah siswa kelas V SD negeri 1 Wajo kota Baubau dengan jumlah 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menggunakan media audio visual pada mata Pelajaran IPA materi siklus air dapat meningkatkan hasil belajar yang dibuktikan oleh peningkatan persentase ketuntasan klasikal siswa dari siklus I dengan ketuntasan Belajarnya adalah 77,78% atau 21 orang dari 27 siswa yang kemudian meningkat menjadi 92,59% atau 25 orang dari 27 siswa pada siklus II. Hasil belajar pada siklus II secara klasikal siswa sudah memenuhi ketuntasan belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebanyak 92,59% lebih besar dari persentase yang dikehendaki yaitu 80%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-01