Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Metode Eksperimen Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas V SD
Keywords:
Hasil Belajar, Metode Eksperimen, Audio VisualAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa IPA pada materi sistem organ pernapasan manusia dengan metode eksperimen berbantuan media audio visual. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi sistem organ pernapasan manusia SD Negeri 23 Buton dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen yang berbantuan media audio visual. Hal ini dapat dilihat pada hasil pratindakan dengan rata-rata yang diperoleh siswa subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 23 Buton sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 8 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes. Teknik tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar yang bersifat kuantitatif (angka). Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif digunakan untuk menganalisis hasil belajar pengetahuan atau aspek kognitif siswa dalam hubungannya dengan penguasaan materi yang dibelajarkan. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penguasaan materi sistem organ pernapasan manusia kelas V SD Negeri 23 Buton dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen yang berbantuan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari hasil pratindakan dengan rata-rata diperoleh siswa 50,65 dengan ketuntasan 43,47%, siklus I rata-rata sebesar 68,9% dengan ketuntasan sebesar 57, 5%, siklus II rata-rata sebesar 80,00% dengan ketuntasan sebesar 89,29%.