Meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Media Gambar Pada Siswa Sekolah Dasar
Keywords:
Hasil Belajar, Pembelajaran IPS, Media GambarAbstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimana meningkatkan Hasil Belajar IPS Tema 2 Udara Bersih Bagi Kesehatan Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Kaobula Kota Baubau”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dalam II siklus, tiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Kaobula tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa mengalami peninggatan yaitu 59,09% atau 13 siswa dengan nilai rata-rata 60,90 tetapi belum mencapai target yaitu minimal 75% siswa yang mendapat nilai > 65. Kemudian peneliti melaksanakan tindakan pada siklus II, berdasarkan hasil tes belajar diketahui bahwa dari 22 siswa yang mencapai nilai > 65 ada 18 siswa dengan jumlah persentasenya 81,82%, nilai rata-rata 78,18. Peningkatan pra siklus ke siklus I yaitu 22,73%. Peningkatan siklus I ke siklus II yaitu 22,73% dan peningkatan dari Pra siklus ke Siklus II yaity mencpai 45,46%. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar IPS tema 2 Udara bersih bagi kesehatan materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi pada siswa kelas V SD Negeri 1 Kaobula Kota Baubau.